Pemkot Ajak Masyarakat Manfaatkan Teknologi Informasi

Kediri, koranmemo.com – Pemanfaatan teknologi dan informasi saat ini tidak hanya sebatas untuk memberikan pelayanan kepada publik dalam pemerintahan saja. Tetapi juga untuk kelompok masyarakat, ini diwujudkan dalam Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Layanan informasi publik atau pelayanan masyarakat yang dikelola oleh masyarakat dan untuk masyarakat itu sendiri.

Sosialisasi KIM sebelumnya telah  dilakukan oleh Pemerintah Kota Kediri sekitar 5 tahun lalu dan gencar disosialisasikan hingga akhir tahun ini. Melalui Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kota Kediri kelompok masyarakat maupun perorangan didorong untuk memiliki laman blog sendiri.

Beberapa upaya lainnya dilakukan dengan melakukan pelatihan desain grafis untuk mempercantik blog yang dikelola oleh KIM. Selain itu di laman resmi kim-kotakediri.blogspot.com juga disediakan template atau tema yang lebih memudahkan KIM dalam proses pembuatan blog.

KIM ini telah sukses diterapkan oleh KIM Bahari Surabaya, dengan menggunakan media internet Kompol tersebut berhasil menginformasikan potensi IKM serta wisata di tempatnya. Dan berimbas pada minat wisatawan yang berkunjung serta membuat perkembangan IKM semakin baik karena banyak wisatawan yang membeli makanan khas di sana.

Dengan KIM ini Pemkot Kediri mencoba memaksimalkan internet untuk memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Dan jika informasi mengenai Kota Kediri semakin lengkap akan banyak pula wisatawan yang berkunjung ke berslogan The Service City ini.

“Dengan teknologi internet masyarakat bisa mengambil hal positif dengan membangun KIM. Jika digunakan secara sehat internet akan berdampak besar bagi Kota Kediri,” jelas Apip Permana Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Kediri.

Sudah ada beberapa kelurahan yang memiliki KIM untuk menginformasikan kegiatan. Seperti KIM Sumber Makmur Kelurahan Ngronggo Kota Kediri.

Selain itu untuk menarik minat lebih banyak KIM yang terbentuk di Kota Kediri, diadakan Expo KIM pada Sabtu (8/12) hingga Minggu (9/12) sore hingga malam hari. Di event tersebut ada both KIM, komunitas, IKM dan masih banyak lagi. Diharapkan warga Kota Kediri bisa memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan potensi kelompok maupun perorangan.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date