Pemkab Trenggalek Gelar Kampung Ramadan

Trenggalek, koranmemo.com – Suasana meriah dalam bulan suci Ramadan terjadi di Trenggalek, dengan digelarnya Kampung Ramadan  2018. Acara yang digagas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek dilaksanakan pada  9 Juni sampai dengan 12 Juni 2018 di alon alon Trenggalek.

Dalam kampung Ramadan diadakan berbagai acara mulai festival Musik Islami, Pasar Ramadan dan Live Musik akustik Islami. Suryono  Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek menuturkan dalam  event ini selain untuk memeriahkan Bulan Suci Ramadan juga  untuk pembinaan pelaku seni musk Islami dan meningkatkan kualitas pelaku seni budaya di Kabupaten Trenggalek.

“ Kampung Ramadan ini dalam festival Musik Islami dibagi atas berbagai kategori. Meliputi kategori rebana anak, rebana dewasa, qosidah modern, samroh. dan rodhat. Sementara untuk pasar ramadan kita menampilkan produk unggulan mulai fashion hingga kuliner,” tuturnya.

Kampung Ramadan 2018 ini , dibuka langsung  Kepala Dinas Disparbud Trenggalek, Joko Irianto dan disaksikan Forkopimda serta jajaran OPD. Sabtu (9/6/2018). Dengan digelarnya festival musik Islami Joko Irianto berharap melalui festival ini , nilai-nilai Islami dapat diemplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“ Seni musik Islami merupakan seni yang bernafaskan Islami, tidak saja indah saat kita nikmati. Namun secara moral mampu menjadi sarana pembentukan karakter serta jiwa bangsa yang akhlakul kharimah,” kata  Kepala Dinas Diparbud Kabupaten Trenggalek, Joko Irianto.

Lanjut Joko,  sebanyak 47 peserta yang mengikuti kejuaraan festival dengan katagori Rebana anak, Rebana dewasa, Qosidah modern, Samroh dan Rodhat. Selain itu juga diadakan pasar ramadan yang diikuti sebanyak 65 stand pedagang mulai pintu masuk sampai ke panggung kegiatan festival.

“ Kami sangat mengapresiasi peran serta peserta yang memriahkan kampung ramadhan, mulai  peserta Festival Musik Islami hingga peserta Pasar Ramadhan,’’ pungkasnya.

Editor: Bambang Iswahyudi

Follow Untuk Berita Up to Date