Pemkab Madiun Perketat Syarat Tempat Kafe dan Karaoke

Madiun, koranmemo.com – Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Pemkab Madiun akan memperketat usaha tempat hiburan malam (THM) mulai kafe, karaoke, hingga diskotik untuk mendapatkan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP). Hal ini untuk menjadikan masyarakat Kabupaten Madiun berahklak.

Menurut Kepala Bidang Pariwisata Disparpora Kabupaten Madiun Isbani, Pemkab tengah menyusun peraturan bupati (Perbup) turunan Perda 6/2015 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan.

Tujuan regulasi yang merespons salah satu visi dan misi bupati: berakhlak itu adalah memperkuat dan memperketat syarat pendirian karaoke. ‘’Harus menyesuaikan aturan baru,’’ ucapnya.

Informasi dihimpun, TDUP seluruh tempat usaha sing-song di kabupaten ini masih kategori karaoke. Termasuk empat THM yang telah dilegalkan oleh dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) pertengahan tahun lalu.

Bahkan, belum ada THM yang mengantongi surat izin usaha perdagangan minuman beralkohol (SIUP-MB).

Kabid Perdagangan Disperdakop-UM Kabupaten Madiun Agus Suyudi juga mengatakan Perda 5/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan Peredaran Minuman Beralkohol adalah senjata.

Regulasi itu mengulas bahwa tanda daftar usaha pariwisata (TDUP) kategori karaoke tidak diperbolehkan menjual minol. Baik golongan A hingga C. Kalau ingin mengantongi SIUP-MB harus mematuhi ketentuan di dalamnya. ‘’Karena usaha pariwisatanya karaoke, belum ada yang sesuai persyaratan di regulasi itu,’’ ujarnya.

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date