Pemkab Lumajang Terus Kembangkan Kawasan Agribisnis Holtikultura

Lumajang, koranmemo.com-Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang yang dilaksanakan oleh UPT-BPP Kecamatan Pronojiwo melakukan pendampingan Pengembangan Kawasan Cabai Merah Desa Oro-oro Ombo dan pengembangan kawasan Salak serta panen Padi bersama di Desa Supiturang secara maraton.

Acara yang dilaksanakan pada Rabu (3/1/2018), dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang beserta jajarannya, Danramil Pronojiwo, Kapolsek Pronojiwo, Camat Pronojiwo, UPT-BPP Pronojiwo, Gapoktan Kelompok Tani di wilayah Desa Oro-oro Ombo dan Supiturang, Perangkat Desa Oro-Oro Ombo dan Supiturang serta masyarakat sekitar.

Kepala Dinas Pertanian Lumajang, Ir. Paiman dalam Sambutannya menyatakan  apresiasinya terhadap kelompok tani Among Tani Desa Oro-oro Ombo karena semangat yang tinggi serta kekompakannya. Dalam hal ini, ia juga menyampaikan mengenai pengembangan kawasan Holtikultura Cabai Merah yang terintegrasi guna peningkatan pembinaan dan pemberantasan hama penyakit serta bantuan sarana produksi, perbaikan mutu produk, informasi pasar serta peran Babinkamtibmas sebagai Satgas Pangan.

Ir. Paiman juga menyoroti tentang produktivitas dan provitas panen padi tentang data dan fakta terkait hasil ubinan di lapangan. “Koramil melalui Babinsa di desa-desa yang mempunyai potensi lahan pertanian padi selalu dituntut melaporkan kepada atasan mengenai luas tambah tanam (LTT) per-desa yang akhirnya harus dilaporkan kepada KASAD. Berkenaan dengan hal tersebut sudah seharusnya tingkat produktivitas dan provitas padi juga harus dihitung, dinilai secara obyektif, merata dan proporsional di kawasan lahan pertanian padi.

“Hal ini terus kami perjuangkan agar terjadi balance atau keseimbangan antara padi yang ditanam dan padi yang dipanen semata-mata untuk menjaga kedaulatan pangan kita,” tegasnya.

Lebih lanjut terkait pengembangan kawasan tanam salak, dimana sebelumnya lahan ditanami  singkong, dengan adanya program 10.000 bibit salak bisa dikembangkan menjadi Agribisnis Hortikultura Salak. Hal ini karena salak Pronojiwo merupakan salah satu komoditi unggulan holtikultura di Kabupaten Lumajang dengan luasan lebih dari 460 ha  di wilayah Kecamatan Pronojiwo.

Sementara itu, Ka UPT-BPP Pronojiwo, Sutoto, S.Pt, MMA menyatakan acara ini dilaksanakan dengan swadaya oleh Kelompok Tani Sidodadi dengan keinginan kuat dan tulus serta berharap dengan sangat akan kehadiran kepala Dinas Pertanian untuk bisa menularkan spirit dan semangatnya dalam membangun sektor pertanian di Pronojiwo pada khususnya.

Lebih lanjut, Sutoto mengingatkan kembali tentang Kartu Tani, agar petani mendaftar dikarenakan berkaitan dengan distribusi pupuk bersubsidi.

Selaras dengan itu, Ketua Kelompok Tani Sidodadi Desa Supiturang, Hermanto melaporkan bahwa Kelompok Tani Sidodadi yang masih berusia kurang dari 3 tahun, sudah mendapatkan kepercayaan serta bantuan. Bantuan tersebut meliputi bantuan pengembangan tanaman kakao, bantuan hijauan makanan ternak dalam bentuk 10.000 bibit rumput gajah, program pengembangan tanaman salak, bantuan kereta dorong 18 unit, power sprayer, alat pengukur pH tanah serta pupuk organik dan NPK.

Camat Pronojiwo, Drs.Soehendro Boedi Prasetyo menyampaikan apresiasi dan terima kasih bahwasanya petani Supiturang telah mendapat bantuan dari program-program pemerintah maka dari itu harus melaksanakan dengan baik sekaligus tetap harus guyup rukun dan jajaran Kecamatan Pronojiwo siap mendukung dan mengawal program pemerintah tersebut.

Pada acara tersebut, Kepala Dinas Pertanian Lumajang menyerahkan bantuan secara simbolis kepada petani yakni bantuan kereta dorong, bibit salak, alat pengukur pH tanah, mesin power sprayer, pupuk organik dan NPK.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pertanian Lumajang juga berpesan agar semua bantuan di optimalkan dalam penggunaannya sehingga bisa bermanfaat untuk para petani. Ia juga berpesan agar semua petani mendaftar Kartu Tani.

Reporter : Abdul Halim, Sp

Editor: Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.