Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan OSS

Bojonegoro,  koranmemo.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) mengadakan Sosialisasi Implementasi sistem Online Single Submission (OSS),  yaitu mekanisme baru perizinan berusaha.

Kegiatan yang bertempat di Ruang Angling Dharmo secara resmi dibuka oleh Pj Sekda Bojonegoro Yayan Rohman, didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Setyo Yuliono, Kepala DPM PTSP Kabupaten Bojonegoro, Kamidindan menghadirkan narasumber Kepala Bidang Kerjasama Pembinaan Teknis Perizinan dan Nonperizinan BKPM  Pusat, Daru Kurniawan, Rabu (7/11).

Yayan Rohman dalam sambutannya mengatakan,  Kabupaten Bojonegoro siap mendukung kebijakan pemerintah pusat, terkait sistem perizinan ini. Untuk itu agar semua petugas pelayanan dapat merubah pola pikir lama menjadi pola pikir yang baru.

“Karena mekanisme sistem OSS ini menutut perubahan perilaku dari seluruh stakeholder, baik dari petugas pelayanan dan dari para pengusaha,”  tegasnya.

Yayan Rohman menambahkan, dengan sistem OSS ini juga memberikan kemudahan akses yang diwujudkan dengan penggunaan teknologi informasi (IT). Sistem tersebut benar-benar terintegrasi, dimana antar tingkatan pemerintah di Indonesia disatukan cara kerjanya.

“Dengan sistem ini akan memberikan kepercayaan penuh kepada investor atau pelaku usaha untuk memproses sendiri izin usahanya,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Kamidin selaku Kepala DPM PTSP Kabupaten Bojonegoro menambahkan  kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan implementasi Peraturan Pemerintah 24 Tahun 2018 yang mengatur Sistem OSS, yang merupakan upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha.

“Sistem OSS menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi dari tingkat pusat sampai daerah yang cepat, murah dan memberi kepastian,“ jelas Kamidin.

Sedangkan peserta kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh SKPD Lingkup Pemkab Bojonegoro, Instansi vertikal di Bojonegoro di antaranya Bea Cukai, KPP Pratama dan Notaris serta perwakilan pengusaha.

Reporter Eka Rahmawadi

Editor Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date