Pemkab Blitar Tidak Tutup Pabrik Gula Gambar Anyar

Share this :
Blitar, koranmemo.com – Setelah mendapatkan laporan dari Warga Dusun Gambar Anyar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok adanya polusi udara, suara, dan berkurangnya ketersediaan air bagi warga sekitar, akibat kegiatan pabrik gula di Perkebunan Gambar Anyar, Pemerintah Kabupaten Blitar langsung​ mendatangi pabrik gula di bekas perkebunan kopi Dusun Gambar Anyar, Kamis (18/5).
Pelaksanaan peninjauan pabrik gula yang baru beroperasi pada 15 Februari lalu ini, Pemerintah Kabupaten Blitar tidak berencana untuk menutup Pabrik Gula ini. Pemerintah Kabupaten Blitar menggunakan pertimbangan kegunaan pabrik gula yang menjadi mata pencarian warga sekitar. Bahkan puluhan haktare tanaman tebu yang sudah dipotong akan rusak bila tidak digiling.
“Kita tidak akan menutup pabrik gula ini, karena banyak warga sekitar yang bekerja di pabrik ini,” ungkap Kasatpol PP, Kabupaten Blitar, Suyanto, Kamis (18/5).
Sementara itu, Kepala Bidang Amdal Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar, Hermawan mengatakan, pihaknya meminta pada pengelola untuk mengurus perijinan upaya kelola limbah (UKL) dan upaya pengelolaan lingkungan (UPL). “Ini diperlukan untuk mengelola limbah yang dihasilkan oleh pabrik gula agar tidak menggangu lingkungan masyarakat. Memang seharusnya untuk UMK, tetap mengurus UPL dan UKL,” ungkapnya.
Reporter: Arief Juli Prabowo
Editor: Achmad Saichu
Facebook Comments
Follow Us

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *