Pemeriksaan Riwayat Kesehatan Untuk CJH

Lamongan, koranmemo.com-Beberapa calon jama’ah haji (CJH) yang rencananya berangkat tahun ini tampak dilakukan pemeriksaan riwayat kesehatannya di Puskesmas Deket Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan, Senin (29/1).

Ditemui diruang kerjanya, kepala Puskesmas Deket, Dr. Yuliati Porak Tati, membenarkan jika pihaknya saat ini sedang melakukan pemeriksaan kesehatan para calon jemaah haji.

“Iya mas, hari ini kita kedatangan pasien CJH. Memang kita dapat program dari Dinas Kesehatan daerah sebanyak 81 orang calon jama’ah haji untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan program Siskohaj(sistem komunikasi haji),” jelasnya.

Diungkapkannya jika pemeriksaan dan program Siskohaj tidak hanya di Puskesmasnya saja, melainkan semua Puskesmas se-Kabupaten Lamongan. “Ditempat saya, sebanyak 81 CJH saya bagi. Khusus hari ini, 15 orang CJH yang kami cek riwayat kesehatannya,” bebernya.

Yuli mengaku jika pembagian pemeriksaan itu dilakukannya lantaran hasilnya lebih maksimal. “Saya bagi 5 hari. Senin ini hingga Jum’at, saya gilir bagi 81 calon jama’ah yang di plotkan ke puskesmas ini,” tambahnya.

Dari hasil pemeriksaan, Puskesmas Deket menyatakan riwayat kesehatan dari 15 calon jama’ah haji tidak ada kendala. Sebaliknya, Puskesmas Deket mengalami kendala terkait sarana kesehatan. Meski begitu, kerusakan tersebut sudah dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan.

Disisi lain, Kementrian Agama Kabupaten Lamongan, melalui Kasi Pelayanan Haji dan Umroh, Mohamad Koirul Anam, mengatakan terkait jumlah kuota jama’ah haji tahun 2018 yang sudah disetorkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, sebanyak 1738 CJH. “Jumlah tersebut, untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan program Siskohaj.

Reporter: Devika/Fariz

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.