Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial

Nganjuk, koranmemo.com – Komandan Kodim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo, membuka kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Semester I TA. 2019, di Aula Kodim 0810/Nganjuk, Senin (17/6). Kegiatan tersebut diikuti 70 orang, terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan anggota masyarakat lainnya.

Kegiatan ini mengusung tema “Melalui  Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial TNI AD Siap Meningkatkan Kemampuan Temu Cepat dan Lapor Cepat Apkowil Guna Mewujudkan Stabilitas Keamanan Serta Ketahanan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Dalam sambutan, Dandim 0810/Nganjuk, menegaskan penyelenggaraan kegiatan ini sebagai wujud pembinaan mitra karib dalam rangka pencapaian keberhasilan tugas pokok TNI. Salah satunya memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

“Untuk TNI AD, pemberdayaan wilayah pertahanan darat dilakukan melalui pembinaan teritorial,” ungkapnya.

Pembinaan teritorial dalam penerapannya dilaksanakan dalam bentuk pembinaan mitra karib terpilih atau yang dikenal dengan jaring teritorial sebagai kepanjangan tangan aparat Komando Kewilayahan dalam upaya mendapatkan berbagai informasi di wilayahnya..

Dandim juga menandaskan jika Kegiatan pembinaan mitra karib ini sebagai upaya untuk mewujudkan dan memperkokoh Kemanunggalan TNI – Rakyat. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pengumpulan informasi, jajaran kewilayahan khususnya Kodim tidak hanya mengandalkan Babinsa saja untuk mencari informasi. Namun informasi juga bisa didapatkan dari komponen masyarakat lain yang menjadi mitra karib Kodim Nganjuk.

“Saya berharap apabila ada informasi penting yang terjadi di sekitar bapak ibu tinggal, bisa langsung melaporkan kepada kami, baik melalui Babinsa maupun langsung ke Kodim Nganjuk,” ujar Dandim.

Dandim juga berpesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk bisa memilih dan memilah informasi yang beredar di masyarakat. Jangan langsung dianggap sebuah kebenaran, harus dilihat dulu darimana sumber informasi tersebut apakah benar atau tidak.

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date