Pelantikan Anggota DPRD Jombang Periode 2019-2024 Diperkirakan 21 Agustus

Jombang, koranmemo.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jombang terpilih, diperkirakan dilantik tanggal 21 Agustus 2019 ini. Ini setelah pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, telah menetapkan anggota dewan periode 2019-2024 tersebut beberapa hari lalu.

Sekretaris DPRD Jombang Pinto Widiarto saat ditemui sejumlah wartawan di kantornya mengatakan, mengaca pada pelantikan anggota DPRD Jombang periode sebelumnya, pelantikan dilaksanakan setelah penyelenggara pemilu menetapkan dewan terpilih.

“Hasil (penetapan) disampaikan ke Bupati, biasanya Bupati ke Kabag Pemerintahan, langsung ke dewan, saya (nantinya) dapat tembusan,” kata Pinto di kantornya Jalan KH. Wahid Hasyim 110 Jombang, Selasa (13/8).

Langkah selanjutnya menurut Pinto, pihaknya akan memproses seluruh administrasi kelengkapan yang disyaratkan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) kemudian dikirim ke Bupati Jombang. “Dari sana diubah (dengan) pengantar Bupati ke Provinsi. Sekarang kita nunggu aja,” sambungnya.

Dikatakan, Surat Keputusan (SK) bagi anggota DPRD Jombang yang baru nantinya berasal dari Gubernur Jatim. Termasuk juga SK pemberhentian bagi anggota DPRD Jombang yang lama.

Ditambahkan, masa jabatan anggota DPRD Jombang periode sebelumnya akan berakhir pada tanggal 21 Agustus 2019. “Tapi kemungkinan besar mesti 21 Agustus 2019,” ujarnya.

Terpisah, Katua KPU Kabupaten Jombang Athoillah mengatakan, hasil penetapan anggota dewan terpilih tidak diserahkan ke pihak sekretariat DPRD, melainkan ke Bawaslu dan Parpol saja.

“Sedangkan usulan pelantikan diserahkan ke Gubernur Jatim melalui pemerintah daerah setempat,” tutupnya.

Reporter Agung Pamungkas
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date