Pelajar Diringkus Bawa 1.000 Petasan di Kardus Bekas

Jombang, Koran Memo – Aparat gabungan Polres Jombang dan Polsek Diwek mengamankan seorang pelajar berinisial NH (17) warga Kecamatan Bareng, Selasa (23/6) di jalan raya Desa Kwaron Kecamatan Diwek. Pelajar tersebut diamankan lantaran kedapatan membawa 1.000 petasan yang disembunyikan di dalam kardus bekas makanan ringan. Selanjutnya, untuk kepentingan pengembangan pelaku berikut barang bukti diamankan ke Mapolres Jombang.

Polisi menunjukkan petasan yang dibawa NH (agung/memo)
Polisi menunjukkan petasan yang dibawa NH (agung/memo)

Kasubbag Humas Polres Jombang, AKP Gatot Mustofa mengatakan, pelajar tersebut ditangkap berdasarkan laporan masyarakat yang mengatakan ada pelajar yang membawa petasan dalam jumlah banyak. “Jika terbukti bersalah, pelaku dapat dijerat pasal (1) UU darurat no 12 tahun 1951, tentang membawa, memiliki, menyimpan, dan atau menguasai bahan peledak jenis petasan tanpa ijin. Dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara,” jelas AKP Gatot, Jumat (26/6).

Informasi yang dihimpun Koran Memo dari polisi menyebutkan,  penangkapan tersangka berawal dari informasi masyarakat bahwa ada seorang pelajar yang membawa petasan dalam jumlah besar. Sebagai tindak lanjut, petugas kemudian gabungan melakukan penyelidikan di Jl Raya Desa Kwaron.Tidak lama berselang, terlihat dua pemuda berboncengan menggunakan sepeda motor jenis Suzuki Shogun nopol S 4009 WH, yang membawa barang mencurigakan. Polisi kemudian menghentikan laju kendaraan roda dua tersebut.

Polisi langsung melakukan pemeriksaan terhadap kardus makanan ringan yang dibawanya. Setelah dibuka, ternyata dalam kardus itu terdapat petasan siap edar berjumlah  1.000 biji. Masing-masing petasan memiliki ukuran sebesar ibu jari. Polisi lantas mengintrogasi NH dan temannya. Ternyata petasan tersebut milik NH, yang rencananya akan dijual lagi ke Kecamatan Bareng. NH mengaku bahwa petasan tersebut dibeli dari daerah Diwek. Sedangkan teman NH oleh polisi dilepaskan karena tidak terlibat dalam jual beli petasan tersebut. (ag)

Follow Untuk Berita Up to Date