Pekerja Konstruksi Temukan 15 Butir Fosil Telur Dinosaurus

Tiongkok, koranmemo.com – Kabar mengejutkan datang dari negara tirai bambu. Seorang pekerja konstruksi yang sedang melakukan penggalian di Kota Yiwu, Provinsi Zhejiang, Tiongkok Timur menemukan fosil telur dinosaurus.  Jumlahnya tidak hanya satu atau dua, namun 15 butir!

Yang lebih mengejutkannya lagi, telur-telur tersebut ditemukan masih dalam keadaan utuh.  Untuk penelitian lebih lanjut, ke-15 telur itu kemudian dikirim ke Museum Yiwu.

Direktur dan peneliti Departemen Ilmu Bumi Museum Sejarah Nasional Zhejiang, Du Tianming mengatakan, fosil telur itu usianya kira-kira sudah mencapai puluhan juta tahun.  Du Tianming memperkirakan, fosil telur itu berasal dari periode Cretaceous, era Mesozoikum.  Itu berarti, jika perkiraan Du Tianming benar, usia fosil telur itu sudah 80 juta tahun. Pada masa itu, dinosaurus sudah diperkirakan punah, karena mamalia juga sudah mulai ada.

Di antara Yuwi dan Dongyang, ada sebuah desa bernama Desa Guanyintang yang juga terkenal dengan sejarah penemuan dinosaurus.  Dalam beberapa tahun terakhir saja, telur dan beberapa spesies baru dinosaurus sering ditemukan di Provinsi Zhejiang.

Fosil dinosaurus di Provinsi Zhejiang ini juga dikenal karena penyebarannya yang luas, spesies yang beragam, habitat ganda, dan banyaknya spesies langka. Sudah banyak fosil telur yang ditemukan sejak tahun 1993 di daerah tersebut.  Bahkan para ilmuwan memperkirakan sudah lebih dari 100 butir fosil telur ditemukan di Yiwu.

Karena banyaknya penemuan fosil kerangka, telur, dan jejak kaki dari zaman dinosaurus, ada taman air bertema dinosaurus yang dibangun di Yiwu.

Editor: Della Cahaya Praditasari

Foto: ilustrasi

Follow Untuk Berita Up to Date