Pawai Oncor Ramaikan Perayaan Idul Adha Desa Bandung Tulungagung

Tulungagung, koranmemo.comRatusan warga Desa/Kecamatan Bandung Tulungagung menggelar pawai oncor (obor, red) untuk merayakan Idul Adha 1440 Hijriah. Pawai oncor mengelilingi desa itu diinisiasi ratusan pemuda yang tergabung dalam Bandung Guyub Rukun, sebuah paguyuban yang mewadahi seluruh pemuda Desa Bandung.

Tak hanya kalangan pemuda, pawai ini juga diikuti seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kalangan dan umur. Dengan kompak mereka membawa oncor keliling jalan desa sembari mengumandangkan takbir. Kegiatan ini juga diwarnai atraksi semburan api yang dilakukan kalangan pemuda. Pawai ini menyedot perhatian khalayak.Wahyudi, salah satu pemuda Desa Bandung mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menyemarakkan Idul Adha 1440 H. Selain itu kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kebersamaan. “Maknanya ini sebagai wadah kita menjalin silaturahmi,” kata dia.

Pawai oncor yang sudah digelar rutin dua tahun ini bakal dilakukan secara berkesinambungan. Kegiatan ini diinisiasi oleh pemuda yang tergabung dalam Arbaneta atau Arek-arek Bandung Etan. “Semacam paguyuban pemuda sini, kalau secara menyeluruh BGR itu tadi,” jelasnya.

Selain pawai oncor, puluhan pemuda terlihat antusias melakukan atraksi semburan api. Selain melestarikan budaya warisan nenek moyang, kegiatan ini dilakukan untuk mengangkat kearifan lokal. “Kita lakukan kegiatan yang sudah mulai ditinggalkan. Karena bagaimanapun, itu adalah warisan nenek moyang kita,” pungkasnya.

Reporter Angga Prasetiya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date