PAW Anggota Dewan, Tunggu Penetapan Paslon

Kediri, koranmemo.com – Salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kediri ikut dalam kontestasi Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Kediri 2018. Namun, pergantian antar waktu (PAW) belum dilakukan karena menunggu waktu penetapan pasangan calon (paslon) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat yang rencananya akan dilakukan pada tanggal 12 Februari.

Sekretaris DPRD Kota Kediri, Rahmad Hari Basuki saat dihubungi Koranmemo.com mengatakan, anggota dewan yang akan maju dalam Pilwali sudah menyerahkan surat pengunduran diri. Namun, belum bisa diproses karena belum pasti anggota tersebut ditetapkan sebagai calon yang akan maju dalam Pilwali.

“Surat pengunduran diri sudah diajukan ke kami. Nanti, akan kami proses ketika sudah ditetapkan sebagai calon oleh KPU. Setelah itu kami ajukan ke Ketua DPRD agar bisa ditindak lanjuti surat pengunduran diri itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, terkait PAW tersebut Rahmad menyerahkan kepada fraksi yang menaungi anggota dewan tersebut. Dalam proses PAW itu nantinya masih dibawa  badan musyawarah (Bamus) DPRD untuk mengesahkan siapa pengganti anggota tersebu

“Setelah pengunduran diri disetujui oleh ketua, maka PAW kami serahkan kepada fraksi untuk menentukan siapa penggantinya. Tapi itu masih lama, karena surat pengunduran diri calon itu baru dalam pemeriksaan ketua DPRD,” jelasnya.

Salah satu anggota DPRD yang maju dalam Pilwali adalah Sudjono Teguh Widjaja dari fraksi Partai Golkar. Beberapa waktu lalu, dia memastikan sudah mengundurkan diri tidak lama setelah ditetapkan sebagai bakal paslon. “Suratnya sudah saya ajukan ke Dewan, nanti setelah ditetapkan saya sudah tidak bertugas sebagai anggota Dewan lagi,” ujarnya.

Terpisah, Juwito Ketua DPD Partai Golkar mengatakan, sudah menyiapkan Endang Yuniwati untuk menggantikan Sudjono sebagai anggota DPRD. Ini berdasarkan perolehan suara  terbanyak dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 lalu. “PAW nanti akan kita lakukan. Sudah ada Bu Endang Yuniwati, yang dalam perolehan suara terbanyak waktu itu,” katanya.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.