Pasokan Berkurang, Harga Ikan Melejit

Share this :

Malang, koranmemo.com-Berkurangnya pasokan ikan laut sudah terjadi sejak akhir tahun 2017 hingga awal tahun 2018 ini. Dengan berkurangnya pasokan ikan laut, membuat harga ikan laut melejit naik.

Sumarmi, salah satu pedagang ikan di pasar Oro-oro Dowo Kota Malang mengatakan, saat ini para pedagang lebih banyak menjual ikan air tawar. Seperti nila, bandeng, dan mujaer. Ikan laut sedang tidak ada stok, tinggal jenis ikan tongkol dan tengiri saja, itupun juga sedikit. “Saat ini ikan laut sulit didapat. Biasanya kalau ada selain tengiri dan tongkol juga ada kakap, dorang dan jenis lainnya,” ujarnya, Rabu (3/1).

Ditambahkan, beberapa hari ini tengiri dan tongkol sempat kosong. Menurutnya, baru hari ini ada stoknya tetapi terbatas dan menjadi  mahal. Harga ikan tengiri biasanya dia jual dengan harga kisaran Rp 60 ribu hingga Rp 70 ribu per ekor. Saat ini naik menjadi Rp 80 ribu per ekor. Sedangkan untuk ikan tongkol, harganya naik dari Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu per ekornya.

Sumarmi, biasanya mendapat pasokan ikan laut dari kawasan sendang biru. Dimugkinkan, nelayan di pesisir selatan Kabupaten Malang, terpaksa berhenti melaut akibat cuaca ekstrem. Maka dari itu, berdampak langsung pada pasokan ikan ke pasar tradisional berkurang serta membuat harga ikan laut naik drastis.

Reporter: Yudha Kriswanto
Editor: Achmad Saichu

 

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz