Pasca Raibnya Uang Nasabah, Bank Minta Sering Ganti PIN Berkala

Kediri, koranmemo.com – Uang nasabah yang secara misterius hilang di Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, sempat menggegerkan warga. Agar hal itu tidak terjadi, pihak bank meminta nasabah sering mengganti PIN secara berkala.

Asisten Manajer Operasional BRI Cabang Kediri, Sumarsono mengingatkan, agar nasabah untuk sering mengganti nomor PIN pada ATM mereka. Mengganti PIN itu minimal dua minggu atau satu bulan sekali harus dilakukan oleh nasabah.

“Langkah yang aman, nasabah mengganti PIN secara berkala paling tidak satu bulan sekali. Bisa juga nasabah yang memiliki digital banking setelah melakukan transaksi langsung ganti PIN atau mereset internet bankingnya,” ujarnya, Selasa (13/3) siang.

Sementara, Manajer Bisnis Mikro BRI Cabang Kediri, Bekti Rahayuningsih mengungkapkan, kasus seperti di daerah Ngadiluwih itu mayoritas terjadi pada nasabah yang sering melakukan belanja online. Mengantisipasi itu, dia meminta nasabah untuk melakukan reset pada digital banking setelah melakukan transaksi.

“Data dari kantor pusat, biasanya yang sering belanja online atau menggunakan wifi umum. Mengantisipasinya, pertama sering ganti PIN, kedua bagi yang sering belanja online atau menggunakan M-Banking atau Internet Banking sering kali di reset lalu melapor ke kantor BRI terdekat,” jelasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, data yang masuk ke Kantor BRI Cabang Kediri sejumlah 67 nasabah melaporkan kehilangan isi dalam ATM dengan nilai total lebih dari Rp 186 juta. Sementara, untuk hari ini, Selasa (13/3), belum ada nasabah yang melaporkan perihal tersebut.

Reporter : Zayyin Multazam

Editor      : Muji Hartono

Follow Untuk Berita Up to Date