Pasca “Menghilang”, Wabup Trenggalek Diperiksa Inspektorat Pemprov Jatim

Trenggalek, koranmemo.com – Wakil Bupati (Wabup) Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dikabarkan diperiksa oleh Inspektorat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Kabar diperiksanya Mas Ipin, sapaan akrab Wabup Trenggalek berkembang di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek. Pemeriksaan Mas Ipin oleh Inspektorat ini juga diamini Mas Ipin dalam postingan instagramnya @avinml.

Dalam postingan Instagramnya, Mas Ipin mengatakan jika Kepala Inspektorat Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan tugasnya. Tugas yang dimaksud yakni menindaklanjuti Surat Gubernur Jawa Timur, Soekarwo yang sebelumnya dilayangkan ke Pemkab Trenggalek, Senin (21/1). Surat dari Gubernur Jatim itu berisi tentang permintaan klarifikasi tentang kabar menghilangnya Mas Ipin yang sudah tidak melakukan kegiatan kedinasan sejak 9 Januari lalu.

“Hari ini Kepala Inspektorat Provinsi Jawa Timur dan saya sudah melaksanakan kewajiban birokrasi menanggapi ‘kepergian’ saya, (eciye drama banget !hehe),” kata Mas Ipin dalam postingan instagramnya yang barusan diunggah.

Mas Ipin dalam postingan instagramnya juga mengungkapkan kata yang seolah permintaan untuk menyudahi polemik yang kini hangat diperbincangkan masyarakat. Mas Ipin juga mengungkapkan permintaan maaf atas kegaduhan yang dibuat dan mengucapkan banyak terima kasih atas segala masukan yang selama ini diterima, termasuk dari netizen.

“Jadi, sudah waktunya membahas yang lain ya, serta mohon maaf dan terimakasih atas segala masukkan. Tapi apapun itu netijen mah bebas ! 🙂 salam silaturahmi buat semuanya. Merdeka !,” kata Mas Ipin dalam postingannya.

Dalam postingan yang diunggah Mas itu tampak beberapa pejabat kabarnya dari Pemprov Jatim tengah melakukan pemeriksaan intensif di Rumah Dinas (Rumdin) Wakil Bupati Trenggalek, tepatnya di sebelah kantor Sekretariat Daerah Pemkab Trenggalek. Hingga saat ini sekitar pukul 13.30 WIB belum ada keterangan resmi dari pihak inspektorat. Diduga pemeriksaan masih berlangsung.

Sebelumnya saat dikonfirmasi usai mengikuti rapat di Pendopo Manggala Nugraha Praja Kabupaten Trenggalek, Mas Ipin membenarkan adanya kabar pemeriksaan itu. Namun Mas Ipin enggan menjelaskan secara detail mengenai pemeriksaan yang dimaksud. Namun disinyalir pemeriksaan itu berkaitan dengan kabar menghilangnya Mas Ipin dari kegiatan kedinasan.

“Dari provinsi kabarnya begitu, bukan pemeriksaan tapi klarifikasi. Masalah internal birokrasi, ibarat saya punya masalah dengan istri saya, ya saya selesaikan dengan istri saya. Silahkan cari sendirilah ngapain saya cerita ke kamu-kamu,” kata Mas Ipin saat ditanya perihal kepergiannya bersama seseorang yang diduga mempunyai pengaruh kuat dalam kancah politik.

Mas Ipin mengakui jabatan yang diembannya saat ini memang tak lepas dari sangkut paut politik. Jadi, bukanlah hal yang baru, kata Mas Ipin jika setiap kegiatannya ataupun dinamika yang terjadi saat ini selalu disangkut pautkan dengan unsur politik.

“Wong saya masih WA-nan pejabat di Pemkab kok. Namanya kita sudah menjadi aktor politik kalau dimaknai macem-macem kita nggak bisa menekan,” pungkasnya.

Sebelumnya publik dibuat geger dengan menghilangnya Mas Ipin sejak 9 Januari 2019 lalu berdasarkan catatan kegiatan kedinasan dari Bagian Protokol dan Rumah Tangga Pemkab Trenggalek. Mas Ipin baru menampakkan ‘batang hidungnya’ saat mengikuti istighosah kubro di Stadion Menak Sopal Kabupaten Trenggalek, Selasa (22/1).

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date