Pantau Harga Kebutuhan, Bupati Sidak ke Pasar Tradisional

Jombang, koranmemo.comBupati Jombang Hj.Mundjidah, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional di kota setempat, Kamis (23/5) pagi. Sidak dilakukan untuk memantau harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Dua pasar tradisional yang disidak yakni Pasar Tradisional Peterongan dan Pasar PON di Desa Kaliwungu Kecamatan Jombang. Di dua pasar tersebut, baik bupati maupun wabup terlibat perbincangan dengan sejumlah pedagang, baik dari kelompok pedagang lauk pauk daging maupun dengan kelompok pedagang sayuran.

“Sidak untuk mengetahui harga kebutuhan saat ini menjelang lebaran Idul Fitri,” kata Bupati Munjidiah kepada awak media, usai sidak.

Sementara disinggung dari hasil sidak,. Bupati mengaku tidak ada harga kebutuhan yang naik drastis. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. “Cenderung stabil. Ya tentu ada yang (harganya, red) naik sedikit maupun juga ada yang turun,” sambung Bupati.

Masih menurut bupati, bahan pokok yang terpantau mengalami penurunan antara lain bawang putih, terus cabai juga. Kendati demikian, Bupati menandaskan jika untuk komoditas cabai, masih terus dilakukan pemantaian karena naik turunnya harga bergantung pada kesediaan stok di petani.

Harga cabai keriting saat ini terpantau kisaran Rp 15 ribu per kilogram, cabai biasa kisaran Rp 25 ribu perkilogram dan cabai rawit terpantau pada harga kisaran Rp 14 ribu per kilogram. Sedangkan untuk komoditas beras maupun minyak relatif aman.

“Untuk daging ayam broiler pada Rp 31 ribu per kilogram. Sedangkan untuk daging sapi murni Rp 100 ribu per kilogramnya. Kami juga menganjurkan operasi pasar keliling kecamatan di 21 kecamatan untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan,” papar Bupati Mundjidah.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga sempat menyinggung kondisi soal stok pangan Jombang  yang dalam kondisi aman menjelang lebaran.  “Bahkan seperti beras kita surplus,”tutup Bupati.

Sementara itu, dalam melakukan pemantauan harga, bupati juga didampingi oleh Wakil Bupati Sumrambah, Sekretaris Daerah (Sekda) Akhmad Jazuli, Wakapolres Jombang Kompol Budi Setiyono, Kadis Pertanian Hadi Purwantoro serta sejumlah pejabat lainnya.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date