Pantai Pelang, Perpaduan Sempurna Antara Air Terjun dan Laut

Trenggalek, koranmemo.com – Kabupaten Trenggalek kaya akan tempat wisata.  Satu demi satu, tempat wisata yang tadinya belum terekspos publik mulai dipromosikan dengan gencar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupetan Tertidaklek.  Salah satunya adalah Pantai Pelang, yang berada di desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek.

Letak pantai ini memang cukup jauh dari pusat kota, yakni sekitar 56 kilometer dari pusat Kabupaten Trenggalek.  Awalnya, akses untuk menuju ke pantai ini sangat sulit karena jalan belum diaspal,  penuh tikungan-tikungan tajam, ditambah tanjakan dan turunan curam dengan jurang di sisi kiri dan kanan.  Untung saja, saat ini jalannya sudah diaspal sehitidak pengunjung lebih muda mengakses tempat ini.

Pantai Pelang ini memiliki area parkir yang cukup luas, namun berada terpisah dari kawasan pantai. Kawasan parkir dan pantai dipisahkan oleh aliran air dari air terjun yang bermuara ke Pantai Pelang. Pengunjung bisa berbasah-basahan di aliran air ini atau bisa lewat jembatan jika tidak mau main air atau berbasah-basahan.

Berbeda dengan pantai di Jawa Timur lainnya, Pantai Pelang memiliki keunikan tersendiri.  Di tempat wisata ini pengunjung dapat menyaksikan perpaduan harmonis antara keindahan pantai yang berada di lembah yang dikelilingi bukit-bukit serta tebing, goa hitidak air terjun. Selain itu, di pantai yang berelief landai dengan pasir kecoklatan ini, pengunjung dapat merasakan hawa sejuk dan segar.

Di pantai ini juga terdapat gazebo yang bisa pengunjung gunakan untuk bersantai sambil menikmati keindahan panorama Pantai Pelang.  Jika pengunjung tidak membawa bekal, pengunjung tidak perlu khawatir karena di pantai ini terdapat banyak penjual makanan dan minuman yang menjajakan dagangannya.

Namun yang harus diingat, di Pantai Pelang tidak ada penjaga pantainya.  Oleh karena itu, di pantai ini dilarang berenang ataupun mandi di pantai, meskipun ombaknya cukup tenang.

Di sebelah timur, pengunjung bisa melihat hamparan Pantai Konang dan Pulau Godo dari kejauhan. Sedangkan di sebelah barat pengunjung bisa melihat tebing raksasa yang menjulang tinggi. Pantai Pelang di Trenggalek memiliki garis pantai sepanjang 2 kilometer dengan luas sekitar 10 hektare.

Salah satu hal yang paling populer yang sering dilakukan para pengunjung ketika berwisata di pantai ini adalah menikmati pemandangan indah dari atas perbukitan. Di sana terdapat gardu pandang yang dapat pengunjung gunakan untuk menikmati panorama Pantai Pelang.

Selain dapat menikmati pemandangan dari gardu pandang, pengunjung juga bisa melihat keindahan air terjun yang ada di pantai ini. Air terjun yang terletak 300 meter dari pantai, pengunjung cukup berjalan kaki kesana, Tapi hati-hati karena jalanan di sekitar air terjun cukup licin. Pengunjung bisa menghabiskan waktu bermain-main di air terjun ini dibandingkan melihat pemandangan alam pantai. Konon katannya, air terjun setinggi 10 meter ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan segala macam penyakit serta dapat membuat wajah tampak awet muda.

Air Terjun yang memiliki nama lain Air Terjun Pantai Pelang ini terbilang unik dan menarik. Hal ini dikarenakan air mengalir jatuh dari tebing yang cukup panjang, tebingnya pun berupa mirip batuan Karst (kapur) yang bewarna putih agak kekuningan. Tak hanya itu saja, disekitar air terjun juga terdapat pohon yang tumbuh dengan subur membuat sekitar air terjun menjadi teduh dan sejuk. Akar pohon yang melintang seakan-akan menghalangi laju aliran air terjun tersebut. Sinar matahari yang menyinari pepohonan di sekitar air terjun menambah keindahan pemandangan yang ada di sana. Jika diperhatikan dengan teliti di bawah tebing air terjun terdapat lubang-lubang kecil seperti sebuah goa yang menarik untuk dikunjungi.

Bagi pengunjung yang ingin berkemah, disediakan area untuk berkemah. Pengunjung bisa menikmati dinginnya malam, serta melihat bintang-bintang di langit malam Pantai Pelang. Waktu terbaik jika ingin mengunjungi Pantai Pelang ini adalah pada saat musim penghujan, karena debit airnya lebih banyak jika dibandingkan pada musim kemarau.

Untuk menikmati pantai eksotis yang memiliki potensi menjadi salah satu destinasi wisata di Trenggalek ini, pengunjung hanya membayar Rp  8.000 per orang saat hari libur dan Rp 7.000 per orang pada hari biasa. Pengunjung bisa berwisata bareng teman-teman pengunjung buat seru-seruan di pantai ini. Tidak rugi deh pokoknya karena berwisata di Pantai Pelang ini bisa melepaskan kepenatan pengunjung dari rutinitas sehari-hari.

Editor:  Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date