Pantai-Pantai Memesona di Kecamatan Munjungan,Kabupaten Trenggalek

Trenggalek, koranmemo.com – Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek rupanya kaya akan destinasi wisata pantai yang memesona.  Sayangnya, karena lokasinya yang terpencil,  keindahan pantai-pantai di kecamatan ini jadi jarang terkspos.  Namun, dengan bantuan media sosial dan kinerja dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat, lambat laun pantai-pantai di kecamatan ini menjadi semakin dikenal.  Berikut beberapa pantai di Kecamatan Munjungan yang bisa dikunjungi ketika liburan:

  1. Pantai Raja’an

Pantai Raja’an merupakan salah satu pantai di Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Tepatnya berada di desa Ngulung Kulon Kecamatan Munjungan. Pantai ini merupakan pantai dengan pesona batuan karang yang seolah seperti pahatan.  Pemahatnya adalah gelombang air laut itu sendiri. Gempuran air laut yang berlangsung ribuan tahun sedikit demi sedikit mengikis kerasnya batu dan menyisakan lekukan indah ibarat arca-arca batu yang berdiri tegak. Hasil pengikisan yang sangat menawan. Ini adalah bukti bahwa kerasnya batu mampu hancur meski oleh air. Pemandangan yang sangat serasi dengan birunya laut.

Tampak pula karang-karang yang menyembul di antara air laut. Seperti pulau-pulau kecil yang tersebar dan berkesan mengagumkan. Menjadikan perpaduan yang menarik dan tak kan jemu melihatnya. Inilah pesona yang disuguhkan oleh pantai Raja’an.

Terkadang pengunjung juga bisa melihat para nelayan pencari kerang. Mereka berburu diantara karang-karang di pantai Raja’an.

  1. Pantai Slah

Pantai yang hijau.  Itulah gambaran yang tepat untuk pantai ini.  Hijau kebiruan warna air laut membuat siapapun akan terpesona jika ke pantai ini.   Ombak di pantai ini lumayan besar, makanya jarang  ada yang berani mandi di pantai ini.  Tapi kalau untuk sekadar bercengkrama sambil menikmati pemandangan, Pantai Slah adalah tempat sempurna.

Pantai Slah ini berada di balik bukit dan melintasi area persawahan, menjadikan tempat ini ibarat surga tersembunyi.  Deretan pohon-pohon kelapa yang menjulang ke angkasa menambah daya tarik tersendiri.  Pandan berduri juga menambak eksotisme pantai ini.

Di sisi lain Pantai Slah ini adalah tebing-tebing karang.  Bagaikan perisa yang sangat kokoh menghadapi gempuran ombak laut. Ledakan ombak saat menghantam karang terdengar riuh memekakkan telinga.  Hantaman ombak tadi menghasilkan loncatan air yang tinggi, dan menambah keindahan pantai ini.

Karang-karang tersebut cukup lebar untuk kita tempati seraya menikmati biru nan hijaunya Pantai Slah kulon ini. Laut lepas nan luas tanpa penghalang, mampu menyuguhkan pesona tersendiri dan seakan kita terhipnotis untuk tidak meninggalkan tempat ini.

  1. Pantai Dadapan

Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Slah. Terpisah oleh bukit, jadi jika ingin ke Pantai Dadapan ini kita pun harus putar jalur.  Untuk mencapai pantai ini memang sulit karena akses yang belum terlalu memadai.  Kendati demikian, capeknya pengunjung bakal terbayar lunas begitu melihat hamparan pasir pantai yang memanjang dan begitu luas.  Indah sekali.

  1. Pantai  Blado

Pantai Blado merupakan pantai dengan ombak yang besar dan sangat alami untuk dikunjungi dan sangat cocok untuk selancar air (surving). Sebagai tempat obyek wisata, Pantai Blado memiliki panorama laut bebas yang indah, tempat luas untuk berjemur dan berselanar.

Untuk mencapai Pantai Blado dapat melalui jalur jalan ke Gandusari dan Kampak atau melalui kecamatan Dongko dengan kondisi jalan aspal baik hingga sedang, cukup menantang, tipikal jalan pegunungan (areal Perhutani berkelok-kelok, banyak tikungan tajam dan sempit, membutuhkan kewaspadaan tinggi.

Mode transportasi umum sampai Munjungan minibus kode S2 (jurusan Trenggalek-Kampak-Munjungan). Fasiltas yang tersedia di Pantai Blado berupa Pondok wisata, penginapan kuda laut, area parkir, gardu pandang, panggung hiburan yang biasa digunakan berkala waktu (liburan sekolah, paska hari raya dan tahun baru, café skala lokal.

Editor:  Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date