Panglima TNI Ziarah ke Makam Ir Soekarno

Blitar,koranmemo.com – Untuk ketiga kalinya, dalam rangka memperingati hari jadi Tentara Nasional Indonesia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta istri berziarah ke makam presiden pertama RI Ir. Soekarno, Rabu (19/9) pukul 10.30 WIB. Rombongan panglima TNI  Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi kepala Satuan Angkatan Darat (KSAD), Kepala Satuan Angkatan Udara (KSAU), serta Kepala Satuan Angkatan Laut (KSAL), dan para kepala staf serta panglima komando utama tiba di makam Bung Karno disambut para pejabat daerah, seperti Santoso, Wakil Wali Kota Blitar, M Rijanto, Bupati Blitar,AKBP Adewira Negara Siregar Kapolres Blitar Kota dan AKBP Anissulah M Ridha  selaku Kapolres Blitar.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, jika agenda ziarah ini tidak hanya ke makam Bung Karno saja. Sama seperti tahun sebelumnya, rombongan juga berziarah ke makam presiden RI yang telah wafat, seperti makam KH. Abdurrahman Wahid di pondok pesantren Tebuireng Jombang dan makam mantan presiden Soeharto di Astana Giri Bangun di Jawa Tengah, serta panglima TNI pertama Jenderal Soedirman.

“Tujuannya adalah mendoakan para pejuang yang telah mendahului kita, dan sebagai bentuk rasa hormat terhadap perjuangan mereka,” jelas Marsekal Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI beserta rombongan melakukan ziarah ke makam Bung Karno kurang lebih selama satu jam diawali dengan upacara di pelataran makam. Selama keberadaan rombongan Panglima TNI, area makam disterilkan dari pengunjung. Beberapa jalan protokol di Kota Blitar juga terlihat ditutup sementara. Rencananya rombongan akan langsung menuju makam KH Abdurrahman Wahid di Ponpes Tebuireng Jombang.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date