Panen Melimpah, Daya Beli Turun

Share this :

Malang, koranmemo.com – Musim hujan menjadi salah satu sebab menurunnya pasokan bawang merah. Saat ini, produksi bawang merah dari beberapa sentra perkebunan di Kota Batu justru melimpah, namun sayangnya tidak diimbangi dengan daya beli yang cenderung menurun.

Nurdin (43), salah satu pedagang bawang merah di pasar besar Kota Batu mengatakan, saat ini produksi bawang merah mengalami panen melimpah, seperti di sentra perkebunan Ngantang. Tapi dia mengaku bahwa daya beli masyarakat justru menurun.”Saya tidak tahu penyebabnya,” ujarnya, Kamis (11/1).

Dia menambahkan, biasanya dalam waktu sepekan, bawang yang dia jual sudah laku, tapi akhir-akhir ini sepi dan baru habis hingga kurun waktu puluhan hari. Dengan stok yang melimpah dan tidak terjual menyebabkan bawang merah menjadi banyak yang busuk.

Saat ini diakuinya, harga bawang terbilang stabil di angka Rp 7 ribu, namun kondisi panen melimpah ini tidak berdampak banyak untuk para pedagang, kalau untuk petani saya tidak tahu. “Kita malah rugi. Banyak bawang yang terpaksa busuk dan rusak karena lama lakunya,” pungkasnya.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz