Pamatwil IV Cek Kesiapan Pos Pengamanan Operasi Lilin Semeru 2017

Kediri, Koranmemo.com – Kombes Polisi Rastra Gunawan, Pamatwil (Perwira pengamat wilayah)IV Polda Jatim mengatakan, pengecekan kesiapan pengamanan Natal dan tahun baru 2018 ini dilakukan untuk memastikan kesiapan pengamanan dalam pergantian tahun. Padatnya arus dan meningkatnya aktifitas saat perayaan pergantian tahun rawan terjadi tindakan kriminal yang dapat mengganggu stabilitas Kambitmas.

“Kami mengecek dan memastikan kesiapan jajaran Polresta Kediri di pos pam ops lilin semeru 2017 dalam rangka pengamanan natal 2017 dan tahun baru 2018,” ujarnya saat melakukan pemeriksaan di pos pengamanan (pospam) di Jalan Dhoho Kota Kediri, Sabtu (30/12).

Pemeriksaan kesiapan dalam rangka operasi lilin, menurut perwira dengan pangkat melati tiga di pundaknya itu meliputi kesiapsiagaan anggota, panel data, tempat keramaian seperti stasiun, pertokoan dan pemukiman. Untuk diketahui sebanyak 440 personel gabungan dari Polri, TNI, dan beberapa lapisan masyarakat diterjunkan dalam operasi yang berlangsung mulai 23 Desember hingga 1 Januari 2018.

Titik fokus dari operasi tersebut, adalah pengamanan kegiatan beribadah, arus mudik, tempat wisata dan kawasan berbelanjaan masyarakat. Enam pos pengamanan dan satu pos pelayanan akan digelar untuk memberikan kenyamanan masyarakat saat menikmati libur panjang natal dan tahun baru.

“Pada titik-titik tempat kosentrasi massa, kita akan tempatkan pos laju yang merupakan perpanjangan dari pos pengamanan itu sendiri. Seperti, tempat beribadah, rekreasi dan tempat titik kumpul masyarakat lainnya,” ujar Kapolresta Kediri, AKBP Anthon Haryadi.

Sementara, potensi kerawanan dari libur panjang ini, menurutnya adalah, potensi kemancetan, kecelakaan lalu linta, hingga potensi terjadinya terorisme yang nantinya akan diantisipasi oleh personel sedini mungkin. “Libur saat ini, banyak masyarakat yang berpindah satu titik ke titik lain, sehingga berpotensi kemacetan, kecelakaan lalu lintas termasuk intoleransi akan kita antisipasi,” pungkasnya.

Reporter: Angga Prasetya

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.