Pagu Tak Terpenuhi, Dinas Perpanjang PPDB

Trenggalek, koranmemo.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Trenggalek memperpanjang  waktu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hingga 14 Juli 2017(hari ini-red) di puluhan SMP.

Perpanjangan ini diberlakukan karena sekolah-sekolah tersebut belum memenuhi pagu yang ditetapkan.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan SMP, Maryono,Spd,Mpd, perpanjangan ini untuk menjaring anak-anak yang belum mendapatkan sekolah. Langkah ini sebagai bagian mensukseskan wajib belajar sembilan tahun. Diharapkan tidak ada lulusan SD yang tidak mendapatkan sekolah.

“Kasihan kalau masih ada anak yang tidak mendapat sekolah. Mungkin kemarin mendaftar di SMP lain  namun tidak lolos, sekarang masih ada peluang di beberapa SMP, silakan dipilih,” ujar Maryono, Kamis (13/07).

Lanjut Maryono, jika sekolah kekurangan siswa maka kasihan para guru dan kepala sekolah. Sebab mereka akan kesulitan untuk memenuhi target sertifikasi. Selain itu sekolah dengan jumlah siswa terbatas juga akan menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang kecil pula.

“Paling kecil BOS akan dihitung 60 siswa. Kasihan kalau dapatnya (BOS) kecil, maka sekolah juga kesulitan untuk mengelola program,” tambah Maryono.

Untuk mengikuti PPDP perpanjangan ini, calon siswa cukup membawa persyaratan administrasi langsung ke sekolah yang dituju.

Ditegaskan, perpanjangan hanya berlaku di beberpa  SMP yang sudah ditetapkan. Jangan sampai ada pihak memaksakan memasukkan calon peserta didik di SMP yang sudah terpenuhi pagunya.

Apalagi sekolah-sekolah di wilayah perkotaan, atau sekolah yang selama ini dikenal sebagai sekolah favorit. “Sekolah yang selama ini dikenal masyarakat sebagai sekolah favorit, atau sekolah yang sudah terpenuhi pagunya sudah dikunci. Tidak ada lagi penambahan siswa,” tegasnya.

SMP Negeri yang memperpanjang PPDB adalah, SMPN 1 Karangan, SMPN 2 Karangan, SMPN 1 Tugu, SMPN 6 Trenggalek, SMPN 4 Trenggalek dan beberapa SMP Negeri di wilayah Trenggalek.

Reporter : Yuli Londo

Editor : Hamzah Abdillah

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.