Operasi Sikat II Semeru, Ungkap 133 Kasus dengan 139 Tersangka

Lamongan, koranmemo.com – Polres Lamongan berhasil mengungkap 133 kasus dengan 139 tersangka selama 10 hari berlangsungnya Operasi Sikat II Semeru Tahun 2017  yang berakhir Rabu (20/12).

Dalam Press Realase di Mapolres, Kamis (21/12), Kapolres Lamongan, AKBP Feby D. P. Hutagalung S.I.K., M.H kepada awak media menjelaskan jika dari hasil 133 kasus tersebut diantaranya terungkap kasus tindak pidana curat, curas, curanmor, preman/premanisme, narkoba dan miras.

Dikatakan, pelaksanaan operasi semeru cipta kodusif, selain mengamankan ratusan barang bukti (BB), pihaknya berharap bisa berdampak positif kepada masyarakat. “Mudah-mudahan bisa membuat efek jera  kepada  pelaku maupun para  calon pelaku,” jelasnya.

Secara otomatis, masih menurutnya, hal itu bisa berdampak positif kepada kamtibmas yang kondusif. Tujuannya untuk menghilangkan rasa was-was masyarakat dalam melakukan aktifitas. Dengan ops sikat II semeru, setidaknya hal-hal yang sangat meresahkan masyarakat bisa diberantas.

Dari data yang diperoleh, dalam kasus curat, terdapat 5 kasus dengan 11  tersangka. Rata-rata, pelaku melakukan operasinya dengan merusak kunci rumah, lalu mengambil barang barang milik korban.

Dalam kasus pencurian dengan kekerasan (curas) terdapat 2 kasus dengan 2 tersangka. Modus pelaku dengan memepet korbannya lalu mengambil barang jarahannya dengan paksa. Ditambah pula dengan kasus curanmor sebanyak 4 kasus dengan 2 tersangka.

Selain itu, kasus premanisme juga sangat tinggi. Dalam 10 hari saja dilakukan operasi itu petugas berhasil mengungkap 40 kasus dengan 41 tersangka. Dalam melakukan aksinya, beberapa kasus berbeda modus operandi.

Tidak hanya itu, rupanya kasus narkoba juga menjadi catatan pihak kepolisian. Dengan hasil ungkap, petugas berhasil menindak lanjuti 3 kasus dengan 4 tersangka. Sedangkan kasus miras, petugas mencatat ada 79 kasus dengan 79 tersangka.

Reporter: Suprapto/Fariz

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.