Ombak Tinggi, Ikan Laut Langka

Kediri, koranmemo.com – Stok ikan laut di pasar tradisional Kota Kediri mengalami penurunan, bahkan selama sepekan sempat tidak ada pasokan dari pengepul. Akibatnya, harga komoditas ikan laut mengalami kenaikan harga, ini lantaran hanya sedikit tangkapan dari nelayan karena faktor cuaca.

Kenaikan harga ini terjadi pada pedagang ikan di pasar tradisional Kota Kediri, seperti di pasar Setono Betek. Nelayan yang enggan pergi melaut, sempat membuat pedagang khawatir, lantaran hampir seminggu tidak ada stok ikan. “Ini baru datang, selama satu minggu terakhir memang tidak ada kiriman dari pengepul,” ucap salah satu pedagang ikan, Rina (38), Kamis (20/6).

Meskipun masih ada stok ikan, namun pedagang enggan untuk menjual karena mereka menilai kualitas ikan sudah menurun. Akibatnya, ikan laut pun mengalami kenaikan harga antara Rp 2.000 sampai Rp 10.000 per kilogram. Untuk ikan tuna, pedagang menjual dengan harga Rp 38.000 per kilogram, sebelumnya hanya berkisar Rp 34.000 sampai Rp 36.000 per kilogram.

Ikan kakap mengalami kenaikan Rp 5.000 per kilogram menjadi Rp 60.000, sedangkan ikan tenggiri naik dari Rp 60.000 menjadi Rp 70.000 per kilogram. “Kalau ikan laut, semuanya naik. Pasokan dari pengepul kan juga jarang, kalau ada pasokan juga harus memilih mana ikan yang bagus dan layak untuk dijual,” sahut Rina.

Bastomi (60), pedagang lainnya mengatakan, selain ikan laut, cumi dan kerang juga mengalami kenaikan harga. Harga cumi selama pasokan masih lancar dijual dengan harga Rp 55.000 per kilogram, kini harga cumi menjadi Rp 65.000 per kilogram. Untuk kerang tanpa kulit, pedagang menjual per kilogram dengan harga Rp 30.000.

Saat akan melakukan pengiriman, lanjutnya, pengepul juga kewalahan, lantaran harus memilah ikan dengan kualitas baik. Para nelayan yang masih pergi melaut dengan perahu yang cukup besar, ikan yang disimpan sering rusak, padahal jumlah tangkapan juga menurun. “Waktu melaut, kapal sering terguncang. Ketinggian ombak di pesisir Trenggalek berkisar antara 3 meter sampai 4 meter,” jelas Bastomi.

Sementara itu, Suci (35) pedagang ikan yang lain mengaku kenaikan harga hanya terjadi pada jenis ikan laut. Jenis ikan air tawar atau tambak harga masih stabil, namun ada beberapa jenis ikan yang justru harga jual menurun.

 “Yang tetap itu seperti ikan bandeng, patin, dan gurami. Bandeng dijual Rp 18.000 per kilogram, patin dijual Rp 22.000 per kilogram, dan gurami dijual Rp 38.000 per kilogram,” ucap Suci.

Selain tiga jenis ikan air tawar dengan harga yang masih stabil, salah satu jenis ikan air tawar justru mengalami penurunan harga. Harga ikan nila mengalami penurunan sebesar Rp 4.000 per kilogram, sebelumnya pedagang menjual Rp 32.000 per kilogram, kini mereka menjual Rp 28.000 per kilogram.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date