Oknum Kades Diduga Gelembungkan Harga Alat Fogging

Nganjuk, koranmemo.com – Pasca melapor ke Kejaksaan Negeri Nganjuk tentang dugaan korupsi dana desa (DD) terkait pavingisasi yang dilakukan oleh Her, oknum kepala desa (Kades) di wilayah Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk, warga masih punya catatan penyelewengan yang dilakukan oleh kadesnya.

Salah satunya adalah pengadaan 2 alat fogging yang diduga telah di-mark-up. “Dalam laporannya satu alat fogging itu dibeli dengan harga Rp 35 juta, jadi total Rp 70 juta. Sumber dananya dari DD,” beber Mursam (55) salah satu warga, Rabu (2/1/2019).

Parahnya lagi, setiap kali melakukan fogging, warga juga dikenakan tarikan sebesar Rp 5000 per-KK. “Jika dihitung, sudah berapa rupiah saja uang tarikan itu. Harusnya ka nada upaya lain agar tidak menarik iuran warga,” cetus Mursam.

Menurut Mursam, secara riil tidak mungkin harga dua alat fogging itu sampai Rp 70 juta. Sebab, setelah dicarikan referensi, harga satuan alat fogging hanya berkisar Rp 10 juta sampai Rp 20 juta. “Maka dari itu warga menduga jika ada penggelembungan anggaran,” sebutnya.

Kades Her saat dihubungi koranmemo.com via ponselnya mengatakan jika laporan yang dibuat warganya dan diserahkan ke pihak kejaksaan itu salah dan tidak masuk akal. Pasalnya, pihak pelapor tidak cermat dan teliti melihat cara kerja aparat pemerintah desa.

“Mereka tidak tahu yang sebenarnya terkait fisik bangunan yang telah kami garap. Saya tahu kok, sebenarnya ini ada upaya menjatuhkan nama saya sebagai calon kuat kepala desa pada pilkades mendatang,” ungkapnya.

Ketika disinggung terkait adanya tarikan sukarela atau swadaya masyarakat yang tanpa ada musyawarah sebelumnya, Kades Her menampiknya. Menurutnya, semuanya apa yang telah dikerjakan itu sesuai dengan hasil musyawarah mufakat. “Itu tarikan inisiatif warga karena mereka menghendaki lebar 3 meter menjadi 5 meter, dan itu tidak ada paksaan,” tegasnya.

Bahkan, Kades Her siap membeberkan beberapa item yang telah dilaporkan warganya ke kejaksaan. “Semua item yang dituduhkan itu, nanti semuanya akan saya jawab. Sudah saya siapkan jawabannya,” tandasnya.

Editor : Muji Hartono

Follow Untuk Berita Up to Date