Oknum Guru Cabuli Murid, Sekretaris Dinas : “Langsung Kami Usulkan Pemberhentian Sementara”

Jombang, koranmemo.com  – Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang langsung melakukan tindakan berkaitan kasus yang menjerat Kustiawan HS (35), oknum guru yang mengajar di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Sumobito, yang ditangkap polisi dalam kasus pencabulan terhadap muridnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jombang Priadi mengatakan, pihaknya langsung mengajukan pengusulan pemberhentian sementara setelah pihak Disdik menerima pemberitahuan dari Polres Jombang berkaitan dengan penahanan salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) Disdik.

“Kami usulkan pemberhentian sementara kepada BKD-PP (Badan Kepegawaian Daerah Pendidikan dan Pelatihan) Kabupaten Jombang,” kata Priadi dikonfirmasi sejumlah wartawan, Rabu (10/10).

Dengan diberhentikan sementara, lanjut Priadi, maka yang bersangkutan hanya menerima hak gaji sebanyak 50 persen. “Selanjutnya menunggu sidang (Pengadilan Negeri). Jika terbukti dan divonis 2 tahun atau lebih dan yang bersangkutan tidak banding, maka kami akan melanjutkan dengan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH). Itu sanksinya sudah jelas,” tegas Priadi.

Baca juga : Cabuli Murid, Guru PNS Ditangkap

Disinggung tentang track record (rekam jejak) Kustiawan apakah memang pernah tersandung masalah, Priadi mengaku jika yang bersangkutan sebenarnya memiliki kompetensi yang lengkap. “Itu (Kustiawan) sebenarnya guru potensial. Artinya guru yang memiliki kompetensi lengkap, kompetensi profesionalnya bagus. Dapak gak ngunu sopo sing nganggit (coba tidak begitu, siapa yang mengira, bahasa jawa),” pungkas Priadi.

Sebelumnya, Kustiawan HS (35) oknum guru olahraga berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengajar di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Sumobito, ditangkap pihak Satreskrim Polres Jombang. Warga Desa Tejo Kecamatan Mojoagung ini ditangkap setelah sebelumnya dilaporkan dalam kasus pencabulan terhadap muridnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date