Nissan Tidak Berniat Memecat CEO Hiroto Saikawa?

Tokyo, koranmemo.com- Nissan Motor Co saat ini tidak mempertimbangkan meminta CEO Hiroto Saikawa untuk mengundurkan diri, dua orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat, sehari setelah Saikawa mengaku dibayar berlebih karena melanggar prosedur internal perusahaan.

Dilansir dari Japan Today, Investigasi internal menemukan bahwa Saikawa dan eksekutif lainnya telah menerima kompensasi yang tidak patut, hal ini meningkatkan keraguan tentang janji Saikawa untuk meningkatkan tata kelola pasca penangkapan mantan Ketua Carlos Ghosn tahun lalu karena dugaan pelanggaran keuangan.”Itu tidak akan terjadi. Saya pikir itu tidak akan terjadi,” salah satu sumber mengatakan ketika ditanya apakah Saikawa dapat mengundurkan diri untuk bertanggung jawab atas dugaan pelanggaran tersebut. Nissan┬ájuga tidak segera bersedia berkomentar.

Saikawa meminta maaf pada hari Kamis dan berjanji untuk mengembalikan dana yang tidak dibayar dengan benar ketika ia mengakui kepada wartawan Jepang bahwa ia telah salah menerima kompensasi terkait saham di bawah “skema era Ghosn”.

Pembayaran yang tidak patut, termasuk puluhan juta yen yang diterima Saikawa melalui skema hak apresiasi saham, diungkapkan pada hari Rabu pada pertemuan komite audit Nissan. Dewan Nissan, yang dijadwalkan bertemu pada hari Senin, diperkirakan akan membahas tindakan disipliner potensial.

Penerjemah: Chantika Rahmi

Editor Achmad Saichu
Follow Untuk Berita Up to Date