Ngaku Bisa Gandakan Uang, Dukun Palsu Dibekuk

Kediri, koranmemo.com – Sugeng Ruiyadi (40) warga Desa Jongbiru, Kecamatan Gampengrejo harus berurusan dengan Unit Reskrim Polsek Kandat. Dia diamankan petugas karena melakukan penipuan kepada Soleh (45) warga Desa Tegalan, Kecamatan Kandat. Dalam aksinya pelaku mengaku bisa menggandakan uang milik korban.

Kasi Humas Polsek Kandat Bripka Sugianto mengungkapkan peristiwa penipuan tersebut terjadi pada Mei 2017 lalu. Sekitar pukul 15.30 WIB, Sugeng bertemu dengan Soleh dan mengungkapkan bahwa dirinya bisa mengandakan uang milik korban.

Sugeng terus mencoba meyakinkan korbannya hingga Solehpun percaya. Sugeng kemudian mendatangi rumah Soleh untuk meminta uang yang akan digunakan sebagai alat pemancing penganda. Pelaku menukarkan uang tersebut dengan satu buah kardus air mineral.

“Pelaku meminta uang kepada korbannya secara bertahap hingga total kerugian yang dialami korban mencapai Rp 15 juta,” terangnya, Rabu (3/1).

Setelah beberapa bulan korban membuka kardus tersebut dan ternyata kardus tersebut berisikan air mineral, bukan uang yang dijanjikan pelaku. Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Kandat untuk proses penyidikan lebih lanjut. Dari hasil penyelidikan petugas berhasil mengamankan Sugeng.

Petugas juga mengamankan beberapa barang bukti yang digunakan dalam aksi penipuannya. Diantaranya satu kardus air mineral dan satu dosbook ponsel merk Polytron. Tersangka dan barang bukti kemudian diamankan ke Mapolsek Kandat untuk penyidikan lebih lanjut.

“Penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap tersangka. Apabila ada warga yang merasa pernah mengalami kasus penipuan ini bisa melapor ke Polsek Kandat,” tegasnya.

Reporter: Nuramid Hasyim

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.