Nekat Curi Sapi Tetangga, Pria Ini Dibekuk

Blitar, koranmemo.com – Siswandi (34), warga Dusun Loding, Desa Sumberagung, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, berhasil ditangkap anggota Satreskrim Polsek Gandusari setelah nekat mencuri tiga ekor sapi milik Romadon (35) tetanggannya sendiri. Akibat kejadian ini korban mengalami kerugian Rp 7 juta dan kini masih dalam proses penyidikan lebih lanjut.

Kapolres Blitar, AKBP Anissulloh M Ridho SIK melalui Kasubag Humas Polres Blitar, Iptu Burhanudin mengatakan jika, aksi pencurian terbongkar setelah petugas mendapat laporan dari Iskak, kepala Dusun Loding, Desa Sumberagung jika salah satu warganya telah kehilangan sapi.

“Sapi tersebut diketahui merupakan milik Romadon (35), warga Dusun Loding, Kecamatan Sumberagung, Kecamatan Gandusari,tentu saja akan kami jerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” jelasnya, Kamis (11/10).

Kejadian tersebut berawal saat Romadon hendak memberi makan ternak sapi miliknya, Selasa (09/10) sekitar pukul 01.00 WIB. Saat itu Romadon masih melihat tiga ekor sapi miliknya masih berada di kandang. Setelah itu Romadon kembali tidur dan terbangun sekitar pukul 03.00 WIB.

“Saat terbangun korban melihat salah satu sapi miliknya sudah tidak berada di kandang. Korban kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada kepala dusun,” katanya.

Hasil penyelidikan, di dalam kandang,  tali pengikat sapi pada tiang kandang sudah terlepas. Jejak  kaki sapi terlihat  dituntun seseorang ke semak belukar  menuju ke arah Kali Putih sejauh 1 kilometer, kemudian  menyeberangi sungai arah wilayah Kecamatan Garum. Sapi jenis simental milik Romadon yang menjadi sasaran aksi pencurian ini di pasaran dihargai Rp 17 juta.

“Setelah ditelusuri, sapi dengan ciri-ciri mirip dengan sapi korban ditemukan dititipkan di kandang sapi milik Suharto, warga  Dusun Menjangan Kalung Desa Slorok Kecamatan Garum. Dari sinilah identitas pelaku berhasil terungkap,” kata Burhan.

Setelah menguak identitas pelaku, polisi berhasil menangkap Siswandi dirumahnya. Siswandi tak bisa mengelak karena petugas juga menemukan sapi hasil curiannya.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date