Naik Mobil Pemadam Kebakaran Sambil Belajar Yuk!

Malang, koranmemo.com – UPT Damkar Kota Malang mengenalkan Pemadam Kebakaran City Tour (Pecito) untuk pertama kalinya, Kamis (8/2) di Jalan Bingkil, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Dengan konsep wisata edukasi, para pemadam kebakaran juga mensosialisasikan penyebab dan cara mengantisipasi kebakaran kepada masyarakat dan anak-anak.

Jose Bello, Kepala UPT Damkar Kota Malang mengatakan,  kantor pemadam kebakaran di Kota Malang didirikan sejak tahun 1923.  Hal tersebut menjadikan kantor tersebut salah satu tonggak sejarah yang perlu dilestarikan, bahkan bisa dijadikan destinasi wisata kota. “Makanya kami buat Pecito ini.  Bisa wisata sekaligus belajar,” tuturnya.

Dia menambahkan, untuk rute yang akan ditempuh oleh Pecito ini nantinya dimulai dari Jalan Bingkil-Stasiun Kota Baru dan Jalan Ijen, sampai Simpang Balapan, kemudian memutar kembali ke markas. Nanti sebelum tour keliling kota, para penumpang diberi edukasi dulu tentang cara penanganan kebakaran dengan menggunakan alat-alat sederhana. “Kami beri edukasi dan sosialisasi dulu ke masyarakat lalu baru tour. Agar ada sensainya sebelum keliling,” paparnya.

Sementara untuk jadwal tour, damkar mengagendakan untuk anak-anak PAUD dan TK mulai dari hari Senin-Kamis di lingkungan Damkar saja. Sedangkan, untuk turis dan masyarakat umum dari hari Jumat sampai Minggu. “Mungkin ini wisata tour satu-satunya di Indonesia,” pungkasnya.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.