Musim Hujan Main Rafting, Siapa Takut !

Batu, koranmemo.com – Musim hujan biasanya membuat tempat pariwisata alam menjadi lebih sepi pengunjung. Namun tidak dengan wahana wisata Batu Rafting yang berada di Jalan Diponegoro, Kecamatan Batu, Kota Batu, kunjungan wisatawan justru semakin meningkat hingga dua kali lipat,

Ainul Sodikin, koordinator lapangan Batu Rafting mengatakan, saat musim hujan tiba, usaha wisata rafting di Batu Rafting justru diminati banyak orang. Jika biasanya sebulan ada sekitar 300 orang yang rafting, saat musim hujan seperti saat ini justru melonjak hingga 600-an orang.

Menurutnya, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan rafting karena saat musim hujan, sungai yang dilewati menawarkan tantangan tersendiri. Saat bermain rafting di musim hujan, justru membuat adrenalin meningkat. Mereka biasanya memang mencari hal yang dapat memacu adrenalin. “Hal itulah yang mendorong wisatawan di Batu Rafting meningkat saat musim hujan,” ujarnya.

Sementara, dengan meningkatnya jumlah pengunjung di musim hujan, pihak Batu Rafting mengutamakan keselamatan bagi pengunjung. Jika biasanya hanya ada satu pemantau saja di sepanjang jalur sungai, kali ini disediakan tiga pemantau. Mereka memantau di garis start, pertengahan jalur dan di garis finish. “Itu upaya untuk memantau lebih bagi penunjung saat bermain rafting menyusuri sungai agar lebih aman,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, mereka juga dilengkapi dengan alat komunikasi seperti handy talkie (HT) dan ponsel untuk memudahkan komunikasi. Meskipun bermain rafting saat musim hujan memacu adrenalin, pihak Batu Rafting juga mempertimbangkan tinggi debitnya air. Jika tinggi debit air di atas 50 centimeter, maka pihak Batu Rafting tidak memberangkatkan rombongan. Mereka akan menunda hingga debit air menurun.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.