Mulai Juli 2019, SPP SMA/SMK Gratis

Kediri, koranmemo.com – Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bagi siswa SMA dan SMK di Jawa Timur dipastikan gratis. Hal itu sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Namun, SPP gratis itu hanya selama 6 bulan terhitung mulai tahun ajaran baru 2019/2020 hingga Desember 2019.

Kasi Pendidikan SMA dan SMK Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Kediri, Sidik Purnomo membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, sekitar Rp 1 trilliun anggaran Pemerintah Provinsi telah disetujui untuk SPP gratis bagi SMA/SMK di Jawa Timur baik negeri maupun swasta.“Dimulai tahun ajaran baru 2019 nanti, jadi mulai Juli tahun depan. Semua siswa tidak hanya siswa baru saja tapi semua siswa mulai dari kelas X sampai kelas XII. Kemarin sudah disetujui sama Pak Gubernur tinggal eksekusinya saja,” ujarnya, Kamis (6/12).

Sidik menambahkan, petunjuk teknis bantuan SPP gratis tersebut pihaknya masih menunggu dari Pemerintah Provinsi. Pasalnya, besaran SPP di setiap sekolah berbeda terlebih SPP bagi sekolah swasta yang beberapa sekolah memiliki nilai lebih tinggi dibanding standar yang telah ditentukan.

“Juknisnya kita belum menerima seperti apa nanti, tapi yang swasta jelas menyesuaikan besaran biaya yang dibayarkan ini mungkin sesuai dengan SPP yang berlaku di setiap daerah berdasarkan surat edaran gubernur,” jelasnya.

Sekolah diperingatkan untuk tidak menarik SPP siswa pada  Juli hingga Desember tahun depan. Namun penggalangan dana dari komite tetap diperbolehkan dengan tujuan yang jelas seperti pengembangan minat dan bakat siswa serta harus disetujui dan tidak memberatkan wali murid.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date