Mulai Coba Manfaatkan Pupuk Organik

Kediri, Koran Memo – Menyambung acara kunjungan Masykuri ke Desa Wonorejo Kecamatan Kunjang pada Minggu (12/9) kemarin, para petani Desa Wonorejo mengaku lega setelah mencurahkan uneg-uneg mereka kepada salah satu tokoh penting di Kabupaten Kediri tersebut.  Wiyoko, sekretaris kelompok tani Tani Mulyo merasa tersanjung dengan kesediaan Masykuri beserta rombongan memenuhi undangan yang mereka sampaikan.  “Bukan hanya datang, tapi Bapak Masykuri juga mau mendengarkan dan menjawab keluhan-keluhan kami,” katanya.

Masykuri ketika sedang berbincang dengan salah satu petani
Masykuri ketika sedang berbincang dengan salah satu petani

Selain masalah pengairan, masalah lain yang tidak kalah pelik adalah pupuk.  Masih kurangnya pasokan pupuk bersubsidi bagi wilayah Kecamatan Kunjang dirasa cukup memberatkan petani.    Apalagi harga hasil panen yang selalu menurun tiap musim panen.  “Harga penjualan dengan harga produksinya tidak seimbang.  Dulu malah sempat minus,” ujar salah satu petani.

Kepada para petani, Masykuri mengatakan untuk bersabar tentang masalah pupuk bersubsidi.  Ke depannya, dia dan Haryanti Sutrisno akan mengupayakan agar semua masyarakat di Kabupaten Kediri bisa mendapatkan pupuk dengan harga terjangkau.  Namun dia juga mengharapkan agar masyarakat tidak hanya mengandalkan pupuk subsidi dan mulai belajar membuat pupuk organik. “Proses pembuatannya gampang dan murah,” kata Masykuri.

Sebelum Masykuri meninggalkan tempat, dia berpesan kepada semua petani yang hadir disana untuk tidak sungkan-sungkan mencurahkan masalahnya kepada dirinya kapan saja, tidak harus menunggu kesempatan bertatap muka seperti acara.  Untuk membuktikan keseriusannya, dia meninggalkan nomor ponselnya agar para petani tersebut lebih mudah untuk menghubunginya. (c6)

Follow Untuk Berita Up to Date