Misteri Sinyal Aneh Dari Bintang Ross 128

Koranmemo.com – Dari sekian ratus miliar bintang di angkasa, ada beberapa bintang yang menjadi obyek penelitian para astronom secara intens.  Salah satunya adalah Bintang Ross 128 yang terletak di rasi bintang Virgo.  Menurut para astronom yang meneliti bintang ini, bintang yang termasuk jajaran bintang katai merah ini mengeluarkan sinyal yang aneh.

Profesor Abel Mendez dari Universitar Puerto Rico di Arecibo melakukan penelitian astronomi di Observatorium Arecibo bekerja sama dengn Dr. Jorge Zuluaga dari Universidad de Antioquia, Kolombia.  Mereka meneliti beberapa bintang katai merah antara lain Ross 128, Gliese 398, Gliese 436, Wolf 359, HD 95735, BD +202465, dan K2-18.

Penelitian itu dilakukan pada bulan April sampai Mei 2017 yang lalu.  Dari hasil pengamatan mereka, ada satu bintang yang berbeda,  yaitu Bintang Ross 128.  Bintang mengeluarkan sinyal aneh yang berbeda dengan bintang-bintang lain di area langit yang sama.

Bintang ini ukurannya lebih kecil daripada Matahari. Jaraknya sejauh 10,96 tahun cahaya dari Bumi. Profesor Mendez dan rekan-rekannya belum dapat menjelaskan dengan pasti apa arti sinyal tersebut.

Namun, hingga sekarang mereka memiliki 3 dugaan yang menjadi penyebabnya. Mereka menduga sinyal itu akibat lidah api dari bintang katai merah itu. Dugaan lain karena adanya pancaran energi dari objek lain di bidang pandangan bidang itu. Dugaan lainnya karena ada pengaruh satelit komunikasi.

Sampai sekarang misteri sinyal aneh itu belum terpecahkan.

Editor:  Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date