Miras Oplosan Renggut Empat Nyawa

Sidoarjo, koranmemo.com – Diduga bereksperimen meracik miras oplosan untuk perayaan tahun baru mendatang, tiga warga Jabon, Sidoarjo dan satu warga Kecamatan Beji, Pasuruan  tewas minum minuman keras (miras) yang dibuatnya. Ketiga warga Jabon itu yakni Mukti (36), Heri Kurniawan (21), warga Dusun Kaliwaru Desa Kedungrejo, dan Suliyanto (41), warga Dusun Trompo Wetan RT 07 RW 03 Desa Trompoasri. Sementara untuk rekannya yang merupakan warga Pasuruan hingga kini belum diketahui identitasnya.

Informasi ini diketahui setelah kerabat salah satu korban meninggal, Suliyanto, Kamis (15/12) lalu melaporkan ke Kepala Desa Trompoasri untuk meminta surat kematian. Mengetahui kematian warganya akibat menenggak miras oplosan, Polsek Jabon langsung melakukan razia miras di sejumlah warung yang diduga menjual miras. Hasilnya, puluhan miras berhasil disita polisi.

Kepala Desa Trompoasri, Samsul mengaku tidak mengetahui dimana warganya membeli dan menggelar pesta miras oplosan. “Pada intinya, dia (Suliyanto, red) meninggal karena miras oplosan bersama ketiga temannya. Korban sempat sakit panas sebelum akhirnya meninggal,” katanya saat ditemui di balai desa, Jumat (16/12).

Samsul menambahkan berdasarkan informasi warga yang diterimanya, keempat orang ini adalah teman dekat. “Pasalnya, hampir setiap hari mereka berpergian dan menggelar pesta miras selalu bersama. Sedangkan miras oplosan itu, rencananya akan dibuat menyambut tahun baru. Namun oplosan miras itu, mereka coba terlebih dahulu. Tapi malah seperti ini jadinya,” jelasnya.

Kapolsek Jabon, AKP Subadri menjelaskan meninggalnya para korban, akibat mengkonsumsi miras oplosan. Kendati demikian pihaknya masih melakukan penyelidikan, lantaran belum diketahui dimana miras dibeli dan lokasi pesta miras berlangsung. “Menurut keterangan yang kami terima, mereka mengonsumsi miras sudah tiga hari yang lalu. Pihak keluarga juga tertutup untuk memberikan informasi pada kami. Mereka pasrah atas peristiwa itu. Namun informasi yang kami dapatkan dari warga, korban sejak usia dini mengonsumsi miras,” pungkasnya. (dan/ian)

Follow Untuk Berita Up to Date