Minim Pasokan, Harga Ikan Laut Naik

Jombang, Memo – Akhir-akhir ini pasokan ikan di pasar tradisional Jombang berkurang. Berkurangnya pasokan ikan disebabkan tingginya gelombang sehingga nelayan takut melaut. Akibatnya harga ikan laut terdongkrak. “Pasokannya agak berkurang, sehingga harga ikan laut mengalami kenaikan. Meski harga naik, jumlah permintaan tetap tinggi,” ujar Subandriyah (54), pedagang ikan laut di Pasar Citra Niaga (PCN) atau Pasar Legi Jombang, Senin (13/6).

Joko Triono, Ketua DPRD Jombang yang kebetulan tengah membeli ikan di PCN (agung/memo)
Joko Triono, Ketua DPRD Jombang yang kebetulan tengah membeli ikan di PCN (agung/memo)

Subandriyah menjelaskan, kenaikan paling tinggi terjadi pada komoditas kepiting. Sebelumnya harga hewan laut itu Rp 80.000 per kilogram. Kini, harga kepiting naik menjadi Rp 100 ribu per kilogram. Sedangkan cumi-cumi dari Rp 35.000 naik menjadi Rp 45.000 per kilogram.

Kenaikan juga terjadi pada udang, dari Rp 40.000 menjadi Rp 50.000 per kilogram. Sementara, kenaikan yang relatif rendah terjadi pada ikan tuna, dari Rp 20.000 menjadi Rp 24.000 per kilogram. “Kalau ikan salmon sekarang menjadi Rp 40.000. Padahal sebelumnya hanya Rp 35.000 per kilogram,”  rinci Subandriyah.

Pasar  tradisional Jombang selama ini, lanjut Subandriyah, mendapat pasokan ikan laut dari Lamongan dan Tuban. Ada pula kiriman pasokan ikan dari Surabaya dan Pasuruan. Sebelum gelombang tinggi, dirinya mendapatkan pasokan ikan sebanyak 2 kuintal sehari. Namun, mulai memasuki Ramadan, pasokan hanya berkisar 1,5 kuintal sehari. “Untuk permintaan tetap bagus. Rata-rata dalam sehari saya mampu menjual 1,5 kuintal baik saat harga naik maupun sebelumnya,” pungkas Subandriyah.

Sementara, Joko Triono, salah satu pembeli membenarkan kenaikan harga tersebut. Namun demikian, dirinya tidak keberatan dengan adanya kenaikan harga yang ada. Baginya, harga ikan laut naik turun itu biasa. Apalagi menurut Joko saat ini memang cuaca kurang bagus sehingga wajar nelayan tidak berani melaut. “Meski harga naik, kita tetap membeli. Toh, tidak setiap hari kita mengkonsumsi ikan laut. Selain itu kenaikan ikan laut tersebut juga masih dalam kewajaran,” ujar Joko yang juga sebagai Ketua DPRD Jombang itu saat membeli ikan laut di pasar tersebut. (ag)

 

Follow Untuk Berita Up to Date