Minat Nelayan Terhadap Asuransi Minim

Tulungagung, koranmemo.com – Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung menyebutkan jumlah nelayan di wilayahnya kini mencapai 4000 nelayan. Namun, dari jumlah itu masih sekitar 800 atau setara 20 persen yang sudah mengikuti program asuransi. Minimnya minat para nelayan untuk ikut asuransi, diduga nelayan belum paham manfaat asuransi.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung, Tatang Suhartono mengatakan, asuransi nelayan memang masih tergolong baru. Karena itulah, para nelayan belum sepenuhnya paham betul tentang manfaat asuransi.

“Kendati demikian, kondisi sekarang sudah berbeda dengan dahulu. Saat ini nelayan aktif untuk bertanya kepada kami terkait asuransi ini,” ungkapnya.

Menurut Tatang, asuransi nelayan saat ini juga masih dalam proses. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pihak provinsi. Termasuk juga kementerian. “Kami tetap koordinasi dengan pemerintah pusat. Sebab, asuransi ini bermanfaat sekali bagi nelayan,” jelasnya.

Tatang menjelaskan, untuk besaran premi yang harus dibayar setiap nelayan hanya sekitar Rp 175 ribu per tahunnya. Besaran itu menurutnya dirasa cukup ringan bagi kalangan nelayan. “Karena itulah, tidak ada salahnya nelayan ikut asuransi tersebut. Klaim asuransi juga tidak serta merta kecelakaan kerja di laut. Namun, juga ketika di jalan darat, meski jumlahnya lebih kecil dibanding ketika di laut.”

Purnomo, salah seorang nelayan di Pantai Popoh mengaku, dia sudah tahu terkait asuransi nelayan. Namun yang dikhawatirkan, klaim tidak bisa lancar. Karena itulah dia berharap, pemerintah bisa menjamin terkait pencairan asuransi tersebut. “Biayanya cukup terjangkau. Semoga ini bisa lancar,” harapnya.

Rubianto, nelayan lain mengatakan, asuransi khusus nelayan harus dikelola dengan baik. Artinya, jangan sampai mengecewakan. Sebab, risiko yang dihadapi para nelayan di lautan cukup besar. “Kami tetap koordinasi dengan pihak dinas. Intinya, agar asuransi ini benar-benar bermanfaat bagi kami (nelayan),” pungkasnya.

Reporter: Denny Trisdianto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date