Milenial Kota Kediri siap Perangi Narkoba, Seruan yang Digelorakan di Puncak HANI 2019

Kediri, koranmemo.com – Sebagai wujud keprihatinan masyarakat dunia terhadap ancaman narkotika, melalui Resolusi PBB Nomor 42/112 menetapkan bahwa setiap tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) atau International Day Against Drugs Abuse and Illicit Trafficking. Tujuannya adalah untuk mengingatkan masyarakat dunia agar menyatukan tekad dan memperkuat aksi serta kerja sama untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang bersih dari penyalahgunaan narkotika.

Badan Narkotika Nasional (BNN)!Kota Kediri memaknai HANI sebagai momentum untuk kembali mengingatkan masyarakat bahwa narkotika masih menjadi ‘momok’ yang menakutkan bagi bangsa ini. Jumlah korban yang terus bertambah dan sindikat yang semakin cerdik mencari cara untuk memasok dan memasarkan narkotika mengharuskan untuk selalu waspada dan dengan gigih menolak serta memerangi barang haram tersebut.

Guna menggaungkan informasi tersebut melalui momentum HANI tahun 2019, BNN Kota Kediri menggelar serangkaian kegiatan puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional yang diawali dengan Upacara Bersama di halaman kantor BNN Kota Kediri.

Upacara diikuti oleh seluruh pegawai BNN Kota Kediri beserta Satgas Anti Narkoba dari lingkungan pendidikan. Upacara yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Drs. H. Siswanto, M. Pd., ini dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada empat relawan anti narkoba yang aktif berperan serta dalam upaya P4GN di Kota Kediri. Mereka adalah: Eko Lukmono Hadi, S.Sos., M.M. Camat Pesantren (lingkungan pemerintah); Latmiadji,  Pemilik CV Kilisuci Indah (lingkungan swasta); Agus Riyanto relawan P4GN (lingkungan masyarakat); dan Yayuk Cahyaningsih, S.Pd., M.M., Kepala SMP Negeri 4 Kota Kediri (lingkungan pendidikan).

Penghargaan juga diberikan kepada empat institusi pendidikan terkait penerapan kurikulum terintegrasi P4GN di Kota Kediri, sebagai berikut: TK Negeri Pembina Kec.Kota; SDN Ngadirejo 1 Kota Kediri; SMPN 4 Kota Kediri; dan SMKN 1 Kota Kediri.

Rangkaian puncak kegiatan HANI 2019 dilanjutkan dengan Seminar dan Pameran P4GN hasil kerjasama dengan Himpunan Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa.

Bertindak sebagai narasumber, Kepala BNN Kota Kediri, AKBP. Bunawar, S.H., menyampaikan betapa pentingnya peranan generasi milenial yang sehat dan bersih narkoba dalam kelangsungan bangsa ini.

Generasi milenial pada masa ini menurutnya, harus tumbuh menjadi kader bangsa yang unggul dan tangguh dalam menghadapi tantangan pembangunan, serta bertanggung jawab terhadap masa depan kehidupan bangsa dan negara.

Bersama dengan seminar, dilaksanakan juga Pameran P4GN yang menampilkan beragam produk P4GN BNN Kota Kediri, seperti Kurikulum Terpadu P4GN mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas dan sederajat.

Selain itu pameran juga menampilkan display narkotika, Teater Boneka P4GN, display alur dan proses screening melalui tes urine, serta foto-foto hasil dokumentasi kegiatan yang telah dilaksanakan BNN Kota Kediri.

Selain rangkaian kegiatan Puncak Peringatan HANI, BNN Kota Kediri juga telah menyelenggarakan beragam kegiatan pra HANI diantaranya: Diseminasi Informasi P4GN melalui Ramadhan Drum Fest 2019; Pembagian Zakat, Infaq, dan Shadaqah BNN Kota Kediri; Bakti Sosial melaui Pembagian Takjil serta BingkisanSembako pada Kaum Dhuafa; Tes Urinepada Pengemudi AKAP dan AKDP Menjelang Hari Raya Idul Fitri; Diseminasi Informasi P4GN dalam acara Car Free Day, dan masih banyak lagi. Kedepannya juga masih akan diselenggarakan beberapa kegiatan bertajuk paskaHANI seperti kegiatan Sepeda Santai Anti Narkoba yang diselenggarakan oleh  Pemerintah Kota Kediri.

Adapun tujuan dari seluruh rangkaian kegiatan mulai pra sampai dengan pasca HANI adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Kediri akan bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Mengusung tema “Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas”, kegiatan HANI 2019 menyasar kalangan muda yang saat ini lebih akrab disapa kaum milenial karena generasi muda sebagai penggerak pembangunan. Jika generasi muda dapat tumbuh sehat tanpa narkoba, maka niscaya bangsa ini akan menuju masa depan yang lebih baik.(adv)

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date