MFC 2018: Gunakan Kostum Bahan Daur Ulang

Malang, koranmemo.com – Kota Malang kembali menggelar Malang Flower Carnival (MFC) 2018, Minggu (16/9) di Jalan Ijen sepanjang 800 meter yang merupakan salah satu ikon Kota Malang dimulai pukul 13.00 WIB. Namun dari pelaksanaan MFC kali ini, ada yang unik, dengan bertajuk Eksotika Bunga Nusantara, seluruh kostum peserta karnaval wajib menggunakan bahan daur ulang.

Agus Sunandar, Chairman MFC menjelaskan, MFC yang ke-8 ini pihaknya akan memberikan warna berbeda. Salah satu peraturan pada peraturan MFC tahun ini adalah, kostum peserta 75 persen harus menampilkan ornamen bunga. Namun ornamen tersebut dibuat dari barang-barang bekas. Antara lain berupa plastik, spons, kertas, dan karet sandal. “Limbah ini bisa didapatkan dari berbagai aktivitas produksi atau konsumsi. Termasuk banyaknya industri sandal yang ada di Malang,” ungkap Agus.

Dengan berparade di Jalan Ijen sepanjang 800 meter yang merupakan salah satu ikon Kota Malang itu, jalanan dibuat berbunga oleh ratusan desainer dan pelajar. Itu selaras dengan tema Eksotika Bunga Nusantara yang diusung di seri 2018. Sementara untuk tahun ini, jumlah peserta meningkat hampir 50 persen. Dari 214 peserta pada tahun lalu, kini menjadi 296 peserta.

Pesertanya juga tidak hanya dari Malang. Tapi ada dari Surabaya, Banyuwangi, Jember, Blitar, Pasuruan, Surabaya, Probolinggo, Bondowoso, Kediri, Nganjuk, dan Batu. Mewakili Sulawesi, ada peserta dari Tomohon. Perwakilan Sumatera ada Palembang dan Medan. Tidak hanya itu, peserta perwakilan dari luar negeri juga ada seperti Belanda dan Jerman. “Kami sendiri juga sudah pernah mewakili Indonesia sebanyak 32 kali dalam event pariwisata dan budaya di luar negeri. Dan pada 19 Septemver ini, MFC kembali mewakili Indonesia untuk tampil di Paris Perancis bersama Kementerian Pariwisata RI,” paparnya.

Sementara itu, Sany (19) salah satu mahasiswi asal Jakarta mengatakan, dia baru pertama kali melihat event MFC seperti ini. Menurutnya semua kostum yang diperagakan para peserta sangat bagus dengan mengusung tema bunga nusantara. “Desainnya unik-unik dan cantik. Ekspresi para peserta juga keren-keren. Semoga tahun depan bisa melihat event ini lagi,” ujarnya.

Untuk diketahui, MFC sendiri merupakan satu dari delapan event yang masuk ke dalam 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia yang digelar sepanjang tahun 2018. Tahun ini, tema Eksotika Bunga Nusantara diambil untuk memperkuat branding Kota Malang sebagai Kota Bunga (Makobu).

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date