Meriahnya Pesta Trenggalek 2018, Menyongsong Semangat Baru 2019

Trenggalek, koranmemo.com – Panggung pentas sejuta aksi di Alun-alun Kabupaten Trenggalek, Senin (31/12) kemarin berlangsung meriah. Kemeriahan semakin terasa tatkala Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak berduet ‘maut’ bersama Vidi Aldiano. Penyanyi papan atas ibu kota ini hadir di tengah-tengah masyarakat Trenggalek untuk menyambut pergantian tahun.

Membawakan lagu ‘Indonesia Pusaka’,  Wakil Gubernur Jawa Timur (wagub Jatim) terpilih ini mahir memainkan piano. Kolaborasi keduanya sukses membuat riuh suasana menjelang malam pergantian tahun baru yang juga diiringi rintikan hujan membasahi Bumi Menak Sopal, julukan untuk Kabupaten Trenggalek. Tak heran ribuan mata kamera tersorot pada dua sosok publik figur yang tengah bernyanyi lagu kebangsaan tersebut.

Lagu yang dibawakan Emil bersama Vidi ini tidak serta merta kebetulan saja. Mereka menaruh harapan besar untuk Trenggalek khususnya dan Indonesia pada umumnya menjadi lebih baik. Harapan dan doa terpancar lewat balutan ‘Pesta Trenggalek 2018’ yang dikemas sedemikian rupa. Berbeda dengan tahun sebelumnya, event tahunan perayaan pergantian tahun ini jauh lebih berkesan. Banyak hal tak terduga yang tersaji dalam Pesta Trenggalek 2018.

“Kalau biasanya kita pergantian tahun pesta kembang api, namun tahun ini di menit awal pergantian tahun kita berdoa bersama agar Trenggalek khususnya dan Indonesia umumnya menjadi lebih baik. Selain itu ini juga sebagai wujud empati dan simpati kita kepada saudara kita yang saat ini tengah tertimpa musibah,” ujarnya di atas panggung seraya menyampaikan harapan Trenggalek yang langsung diamini semua yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Emil sekaligus pamit kepada masyarakat Trenggalek karena beberapa bulan lagi, dia bakal menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan Trenggalek kepada Mochamad Nur Arifin, yang saat ini menjadi Wakil Bupati Trenggalek. Emil bakal mengemban amanah yang lebih berat yaitu menjadi orang nomor dua di jajaran Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Sebentar lagi saya akan mengemban amanah di tempat lain (Wagub Jatim, red). Meskipun demikian, saya akan tetap melayani masyarakat Trenggalek dengan baik. Karena masyarakat Trenggalek juga menjadi bagian dari Jawa Timur,” ujarnya.

Emil Elestianto Dardak Bupati Trenggalek bakal menempati kursi kepemimpinan Jatim menjadi wagub bersama Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur terpilih.

Harapan Emil selaras dengan harapan masyarakat Trenggalek untuk menjadikan Kabupaten Trenggalek lebih maju dalam berbagai bidang. Selama ini Kabupaten Trenggalek dikenal dengan panorama alamnya yang indah. Namun dibalik ‘mutiara’ pantai selatan itu, banyak hal lainnya yang menjadi daya tarik di Kabupaten Trenggalek. Misalnya mulai kuliner, kesenian, pariwisata hingga kearifan lokal masyarakat.

Hal ini diakui Vidi Aldiano saat mendapat kesempatan untuk menginjakkan kaki di Kabupaten Trenggalek. Dia mengakui kearifan lokal masyarakat Trenggalek menjadi kesan tersendiri baginya selain ciri kekhasan lainnya. Bahkan secara khusus dia mendapatkan ‘warning’ dari seseorang yang disebut-sebut pernah dekat dengannya.

“Gue seneng banget bisa menginjakkan kaki di Trenggalek bersama kalian, akhirnya gue berhasil. Yess seneng banget rasanya,” kata Vidi Aldiano sembari menceritakan kesannya saat pertama kali berada di Trenggalek. Terlebih dia mendapatkan kesempatan bersama merayakan peringatan pergantian tahun.

Iringi doa juga terlihat dari penyanyi asal Ibu Kota itu. Dalam panggung spektakuler itu, Vidi  juga membawakan beberapa lagu band legendaris Seventeen sebagai salah satu wujud empati dan simpati. Bukan hanya Vidi Aldiano, melainkan seluruh musisi di tanah air. Bencana di penghujung tahun 2018 yang belakangan terjadi diharapkan menjadi yang terakhir kalinya. Harapan di tahun 2019 menjadikan Indonesia lebih baik.

“Beberapa waktu terakhir ini Indonesia sedang dilanda musibah (tsunami dan longsor,red). Semoga ini menjadi yang terakhir (bencana,red),” ujarnya seraya mengajak masyarakat berdoa bersama sebelum membawakan lagu band Seventeen. Vidi menyebut lagu yang dinyanyikan itu adalah salah satu lagu yang dia sukai sejak dulu.

Untuk diketahui, dalam Pesta Trenggalek 2018 sekaligus launching Batik Terang Galih dan City Branding Trenggalek yaitu Southern Paradise (Surga di Selatan Jawa,red). Pesta Trenggalek 2018 merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) bekerja sama dengan Koran Memo grup. Event tahunan untuk memasuki tahun kedua itu disupport oleh sponsor utama PT Gudang Garam Tbk, Bank Indonesia (BI) dan beberapa sponsorship lainnya.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date