Menristek Dikti Minta Kopertis Awasi Undar

Jombang, Koran Memo – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Muhammad Nasir menyatakan bahwa Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang masuk kategori Perguruan Tinggi non aktif alias bermasalah. Oleh karena itu, Menristek Dikti meminta agar Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah VII melakukan pengawasan terhadap aktivitas kampus tersebut.

Menristek dikti Muhammad Nasir (agung/memo
Menristek dikti Muhammad Nasir (agung/memo

“Kalau Undar itu masuk kategori perguruan tinggi non aktif, atau perguruan tinggi yang sedang bermasalah. Karena sampai saat ini masih terdapat dualisme kepengurusan,” ujar Muhammad Nasir, dikonfirmasi sejumlah wartawan, ketika menghadiri acara di Ponpes Tambakberas Jombang, Minggu (31/5).

Nasir menegaskan, lembaga pendidikan berstatus non aktif adalah perguruan tinggi dalam kondisi bermasalah. Untuk itu, Menristek Dikti memerintahkan Kopertis segera melakukan penyelidikan serta inspeksi mendadak (sidak). “Tidak hanya Undar saja, seluruh perguruan tinggi bermasalah sudah saya nonaktifkan. Selanjutnya kita perintahkan Kopertis untuk turun satu persatu melakukan penyelidikan. Bahkan mungkin saja perguruan tinggi bermasalah nantinya ditutup,” katanya.

Menanggapi pelaksanaan wisuda kubu Rektor Ibrahim, Nasir mengaku belum mendapat laporan dari Kopertis. Seharusnya, lanjut Nasir, semua perguruan tinggi yang menggelar wisuda sarjana sudah melapor ke Kopertis.”Saya belum mendapatkan laporan dari Kopertis. Kalau perguruan tinggi sehat pasti melapor ke Kopertis,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, dualisme di kampus tertua Jombang itu kembali mengemuka. Hal tersebut menyusul digelarnya wisuda sarjana oleh kubu Rektor Ibrohim, Minggu (31/5). Wisuda yang bertempat di auditorium itu diikuti sebanyak 509 peserta.

Pelaksanaan wisuda itu secara otomatis mamancing reaksi dari kubu satunya lagi, yakni Rektor Mudjib Mustain. Selama pelaksanaan wisuda, mahasiswa kubu Mudjib Mustain, melakukan aksi unjuk rasa. Mahasiswa meminta agar wisuda tersebut dibatalkan. Namun demikian kubu Ibrohim tetap bergeming. Wisuda tetap berjalan hingga selesai. (ag)

Follow Untuk Berita Up to Date