Mengintip Taman Tirta Gangga, Tamannya Raja Karangasem

Bali, koranmemo.com – Pulau Bali bukan hanya tentang pantai.  Kalau kalian liburan ke Bali, jangan lewatkan Kawasan Karangasem yang berada di bagian timur pulau yang mendapat julukan Pulau Dewata ini.  Salah satu tempat yang wajib kalian kunjungi saat berkunjung ke Kawasan Karangasem adalah Tirta Gangga.  Sebuah taman yang berkonsep istana air.  Airnya sangat jernih, dan saking jernihnya, kalian bisa melihat  ke dasar kolam dan kilauan cahaya matahari yang memantul di atas kolam.

Tirta Gangga banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.  Selain tempatnya memang fotogenik, tempat ini juga memiliki banyak nilai sejarah. Ini 6 fakta tentang Taman Tirta Gangga yang perlu kalian ketahui sebelum berkunjung ke sana.

  1. Dibangun Kerajaan Karangasem

Taman Tirta Gangga sebenarnya adalah sebuah istana air yang dibangun oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Tirta Gangga dibangun sebagai penghormatan kepada masyarakat Hindu Bali pada tahun 1946.

  1. Arti Nama Gangga

Nama Gangga diadopsi dari sebuah sungai terkenal di India, Sungai Gangga. Dalam kebudayaan Hindu, Sungai Gangga merupakan air mata sumber kehidupan dan kesejahteraan bagi manusia. Lantaran berasal dari tanah, air di Taman Tirta Gangga pun dianggap sebagai air suci yang dapat digunakan untuk melangsungkan upacara adat.

  1. Bisa Dipakai Berenang

Yang membuat taman seluas 1,2 hektare ini adalah fasilitas kolam renang, bernama Kolam Air Sanin.  Kalian dapat bersantai sambil menikmati udara segar.  Karena airnya berasal dari sumber langsung, kolamnya pun terlihat sangat jernih.

  1. Air Mancur yang Indah

Taman Tirta Gangga memiliki spot cantik di tengah-tengah taman, yakni dua buah kolam kecil mengapi sisi kolam yang besar hadir dengan megahnya beberapa patung dewa dan dewi.  Di sebelahnya ada air mancur tingkat 11 yang sangat cantik bernama Nawa Sanga. Ini yang menjadi daya tarik dari Tirta Gangga.

  1. Pernah Rusak Karena Letusan

Kawasan Tirta Gangga sempat mengalami renovasi besar-besaran. Pasalnya, taman air cantik ini nyaris hancur akibat letusan Gunung Agung di tahun 1963. Butuh beberapa tahun untuk memulihkan Tirta Gangga sebelum dibuka kembali oleh pemerintah Karangasem.

  1. Tiket Masuk Murah

Untuk main ke Tirta Gangga, kalian harus menempuh jarak 75 kilometer dari kota Denpasar atau sekitar dua jam dengan kendaraan. Kalian bisa mampir ke wisata yang tepatnya terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang ini dengan biaya tiket lumayan terjangkau. Rp 5.000 per orang. Jika ingin berenang, kalian harus membeli tiket tambahan seharga Rp 6.000 per orang.

Editor:  Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date