Menghilang Tiga Bulan, Pembawa Kabur Mobil Rental Ditangkap

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Pelarian Mukhamad Taufiq (42) berakhir di tangan anggota Unit Reskrim Polsek Jombang Kota, Selasa (5/12). Sebelumnya warga Jalan Sumatera RT 03/RW 02 Desa/Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto ini menghilang selama tiga bulan  setelah membawa kabur mobil rental milik Djoko Sugianto (48), warga Jalan Halmahera Kelurahan Kaliwungu Kecamatan Jombang Kota.

“Pelaku masih kita mintai keterangan untuk pendalaman kasusnya. Kami juga mengamankan barang bukti terdiri dari mobil Daihatsu Xenia S 1097 YZ, satu lembar fotocopy BPKB (bukti kepemilikan kendaraan bermotor) dan satu lembar surat keterangan dari salah satu leasing (bank pembiayaan) untuk keperluan lapor polisi,” kata Kapolsek Jombang Kota AKP Suparno kepada koranmemo.com, Rabu (6/12) siang.

Dijelaskan, aksi penggelapan mobil dilakukan pelaku pada 23 September 2017 lalu. Saat itu pelaku datang untuk menyewa mobil Daihatsu Xenia S 1097 YZ kepada korban.

Dalam pertemuan, pelaku mengaku akan menyewa mobil selama 8 hari dengan kesepakatan harga sewa per hari Rp 250 ribu. “Pelaku juga langsung membayar Rp 2 juta kepada korban. Tanpa curiga, korban langsung menyerahkan mobil untuk disewa pelaku,” ungkapnya.

Namun permasalahan muncul saat tanggal jatuh tempo pengembalian mobil tiba. Mobil berwarna hitam tersebut tidak juga dikembalikan oleh pelaku. Korban lalu berusaha mencari keberadaan pelaku, termasuk menghubungi nomer kontaknya yang ternyata juga sudah tidak aktif lagi.

“Dari sini korban menyadari jika telah menjadi korban penipuan dan penggelapan sehingga melaporkan peristiwa yang dialaminya kepada kami (polsek),” ujarnya.

Sementara, petugas kepolisian yang mendapat laporan segera melakukan pelacakan keberadaan pelaku. Petugas juga mencoba mendatangi alamat pelaku namun yang bersangkutan sudah tidak ada di rumah.

Baru pada Selasa (5/12) petugas mendapat informasi jika pelaku dan mobil yang sedang dicari terlihat melintas di wilayah Jombang hingga akhirnya dapat ditangkap. Kemudian pelaku dan mobil tersebut dibawa ke Mapolsek Jombang Kota.

“Kerugian material dalam peristiwa ini sekitar Rp 175 juta. Pelaku terancam Pasal 378 KUHP Jo Pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan,” pungkasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz