Mengenal Awan Morning Glory di Australia

Koranmemo.com-Pernah mendengar istilah awan morning glory? Awan morning glory adalah salah satu fenomena meteorologi paling langka di dunia. Fenomena alam ini adalah pembentukan awan yang mirip seperti pipa panjang.  Panjang awan morning glory bisa mencapai 1.000 kilometer.

Biasanya, awan morning glory terletak sekitar satu sampai dua kilometer di atas permukaan tanah.  Awan ini hanya bisa dilihat di sebuah kota di sekitar teluk Carpentaria, di barat laut Queensland, Australia.  Awan morning glory ini hanya bisa dilihat di waktu pagi-pagi sekali, di bulan September sampai November saat musim gugur.

Awan ini memiliki kecepatan 10 sampai 20 meter/detik atau sekitar 60 kilometer/jam untuk menumbuhkan awan baru di bagian ujungnya.  Meski bentuknya unik dan indah, menurut NASA, awan ini bisa berbahaya bagi penerbangan pesawat terbang.  Sayangnya, sampai sekarang belum ada yang mengetahui bagaimana terjadinya awan unik ini.

Namun, bentuk awan morning glory kemungkinan disebabkan oleh penurunan suhu, naiknya tekanan udara, dan angin laut yang kencang.  Karenanya, udara di sekitar tepian awan bergerak dengan cepat dan udara di bagian belakang awan menurun sehingga awan membentuk gulungan ini.

Editor:  Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date