Mengenal Aviophobia, Rasa Takut Naik Pesawat Terbang

Koranmemo.com – Apakah kalian pernah menemukan orang yang ketakutan jika naik pesawat?  Ternyata ketakutan itu punya istilah sendiri, yakni aviophobia.  Mengapa ada orang yang ketakutan naik pesawat terbang?

Menurut Atmosphere Research Group dan Flght Safety Foundation, pesawat terbang adalah alat transportasi paling aman.  Ini karena ada banyak hal yang membuat penerbangan aman.  Seperti awak penerbangan yang sangat terlatih, petugas di menara pengawas, dan teknologi penerbangan yang terus berkembang.

Meski begitu, tetap ada juga orang mengalami ketakutan tersendiri saat akan naik pesawat.  Di tahun 2014, sekitar 6 persen orang menolak untuk naik pesawat karena takut.  Kemudian sekitar 40 persen orang mengatakan kalau mereka cemas saat berada di dalam pesawat.

Apa yang menyebabkan ketakutan saat naik pesawat ini?  Rupanya ada salah satu alasan psikologis teman-teman, yaitu sering mendengar tentang kecelakaan pesawat.  Namun ini justru karena kecelakaan pesawat jarang terjadi, lo. Sehingga saat kecelakaan terjadi, beritanya akan tersebar luas.

Ada lagi sebab lainnya yang membuat kita bisa takut naik pesawat, misalnya saja perasaan cemas karena harus melalui keamanan di bandara.

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date