Mengapa Seseorang Bisa Pingsan Saat Bertemu Idolanya?

Koranmemo.com – Semua orang pasti punya seseorang yang diidolakan.  Kalau kita dengan atau tanpa sengaja bertemu, maka ada kemungkinan kita bakal histeris dan kegirangan, bahkan pingsan.  Ternyata teriakan histeris yang kita keluarkan saat bertemu dengan idola kita ini disebabkan oleh adanya hormon dopamin yang diproduksi tubuh kita.

Hormon dopamin ini berpengaruh pada perasaan senang yang kita alami, seperti gembira, motivasi, atau percaya diri.  Tapi kalau terlalu banyak hormon dopamin yang diproduksi, efeknya bisa berbahaya untuk tubuh, salah satunya adalah bisa menyebabkan kita pingsan.

Hormon dopamin ini juga muncul saat kita mendengarkan musik yang kita sukai dan efeknya adalah timbul perasaan senang saat mendengarkan lagu tersebut.

Hormon dopamin yang muncul saat mendengarkan lagu kesukaan ini terlibat dalam proses kesenangan yang sama seperti saat kita sedang makan cokelat atau memenangkan sesuatu.  Bayangkan kalau dengan mendengarkan sebuah lagu saja dapat membuat kita senang, maka saat bertemu dengan penyanyi lagu tersebut akan membuat kita semakin senang.

Saat bertemu langsung dengan penyanyi atau artis idola kita itulah hormon dopamin yang diproduksi oleh tubuh kita akan meningkat berkali-kali lipat.  Kalau diperhatikan, anak-anak dan remaja akan terlihat lebih histeris saat bertemu idolanya dibandingkan dengan orang dewasa yang bertemu idolanya.

Hal ini disebabkan karena pada anak-anak dan remaja hormon tubuhnya, temasuk hormon dopaminnya masih mengalami naik turun atau tidak stabil, sehingga lebih meluap-luap dibandingkan dengan orang dewasa.

Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date