Mengapa Black Box Berwarna Oranye?

Koranmemo.com – Black box ini adalah benda yang paling dicari-cari saat pesawat mengalami kecelakaan. Jika black box ditemukan, tim ahli akan bisa mengatahui penyebab kecelekaan pesawat bisa terjadi. Kemudian penemuan ini akan dijadikan acuan agar tidak terjadi lagi di masa depan. Ini karena black box merupakan perangkat yang digunakan untuk merekam data penerbangan.  Data penerbangan yang terekam yaitu berupa informasi penerbangan dan juga percakapan yang terjadi di kokpit.

Pesawat terbang punya banyak jalur di atas perairan. Black box pun didesain untuk memudahkan pencarian di dalam air. Perangkat black box dilengkapi dengan suar di bagian ujungnya, yang berbentuk silinder.

Jika terjadi kecelakaan, tabung silinder ini akan mengirimkan getaran ultrasonic yang hanya bisa dideteksi oleh sonar dan alat pendeteksi. Sederhananya, perangkat ini bisa mengeluarkan tanda bunyi ‘ping’ saat menyentuh air.

Bunyi ini bisa bertahan setiap detik selama 30 hari dan bisa mengirimkan suara dari kedalaman tertentu. Inilah yang membantu tim SAR untuk menemukan lokasi keberadaan black box. Berwarna oranye.

Namun meski namanya black box, warnanya tidak hitam. Black box pesawat berwarna oranye terang. Rupanya pemilihan warna oranye ini dimaksudkan agar kotak ini mudah ditemukan, saat terjadi kecelakaan pesawat. Warna oranye yang terang akan mudah dilihat oleh tim pencari, terutama di kedalaman air yang membatasi penglihatan mata mereka.

Editor:  Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date