Mendikbud Minta Pemkab Terapkan Pendidikan Mitigasi Bencana

Madiun,  koranmemo.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta pemerintah daerah menggalakkan pendidikan mitigasi bencana kepada para peserta didik.

Upaya yang telah digulirkan pemerintah pusat itu dinilai mampu mengurangi dampak dari setiap kali bencana alam terjadi.

Hal itu disampaikan saat meninjau lokasi dampak banjir di Kabupaten Madiun, Senin (11/3).
“Disini saya anjurkan dan minta kepada Pak Bupati untuk memberlakukan kurikulum kebencanaan dibidang penanganan banjir terutama di Balerejo,” ujarnya.

Menurutnya, mitagasi menjadi bagian dari Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPPK). Program tersebut akan terus digalakan secara nasional.
Terkait dengan tenaga pengajar nantinya berasal dari relawan TAGANA yang sudah dilatih Kementrian Sosial (Kemensos) dan bisa bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). “Akan dilaksanakan disemua jenjang bahkan sampai keperguruan tinggi,” katanya.

Sampai saat ini, jelasnya, tidak ada kendala yang menghambat dengan tersedianya relawan untuk membantu, bahan sudah disiapkan bersama dengan BNPB termasuk dengan organisasi internasional United Nations Children’s Fund (UNICEF)  atau Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa sudah ada materi yang diproduk atas kerjasama Kemendikbud bersama dengan UNICEF semua akan berjalan. “UNICEF terus memberikan bantuan material untuk korban terdampak,” ujarnya.

Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro mengatakan ke depan setiap sekolah akan diberikan program pendidikan mitigasi bencana.

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date