Membaca Buku di Perpustakaan Islam Kota Kediri

Kediri, koranmemo.com – Hari pertama bulan suci ramadan paling asyik menikmatinya sambil menambah ilmu. Salah satunya dengan membaca buku di Perpustakaan Kota Kediri, yang sudah ada sejak 1986 ini menyimpan banyak ilmu khususnya tentang pengetahuan islam.

Perpustakaan Islam Kota Kediri berada di kawasan Masjid Agung depan Alun – Alun Kota Kediri. Ruangannya yang berada di lantai 2 ini berisikan ribuan judul buku tentang Islam dan referensi buku – buku dengan wawasan keilmuan lainnya. Perpustakaan ini menjadi referensi utama khususnya bagi mahasiswa – mahasiswa di Perguruan Tinggi Islam yang ada di Kediri untuk menyelesaikan tugasnya.

Amalia Mustikawati, Pengelola Perpustakaan Islam Kota Kediri mengatakan, 70 persen referensi judul buku yang ada di perpustakaan itu adalah tentang Islam, mulai dari kitab kuning, ensiklopedia Islam, hingga sejarah keberadaan masjid Agung Kota Kediri. Sisanya, adalah buku dengan referensi disiplin ilmu lainnya.

“Update buku terbaru kita, ada 3.992 judul dengan total 6.374 eksemplar buku. Paling ramai kalau mahasiswa dari kampus Islam itu mengerjakan tugas, atau kadang ada yang salat jamaah di masjid lalu sekalian mampir disini. Di sini pemustaka juga banyak dari teman – teman mahasiswa,” ujarnya.

Seperti perpustakaan lainnya, perpustakaan ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk meminjam buku. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan pengunjung demi menjaga agar tidak banyak lagi buku yang hilang.

“Kalau meminjam ada jaminan KTP asli, sama daftar sebagai anggota. Dulu cukup lengang jadi banyak buku yang tidak kembali karena mungkin karena tidak ada KTP asli jadi tidak merasa kewajiban harus mengambil kembali,” jelas Amalia.

Reporter : Zayyin Multazam

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date